Sukses

Lifestyle

5 Cara Mudah Menciptakan Kebahagiaan Sehari-hari di Tempat Kerja

Fimela.com, Jakarta Kebanyakan orang menghabiskan 90.000 jam dalam hidup mereka di tempat kerja. Sayangnya, lebih dari 50 persen dari laporan tenaga kerja merasa stres, kelelahan, dan tidak puas dengan pekerjaan mereka sehari-hari.

Bahkan hal itu juga berlaku bagi mereka yang menyukai pekerjaannya, sebab tidak setiap hari kita merasa dalam mood yang bagus, bukan? Entah karena hal-hal yang terjadi dalam kehidupan pribadi atau hanya sedang merasa sedih. 

Berita baiknya, ada beberapa langkah mudah yang dapat kita praktikkan untuk meningkatkan kebahagiaan sehari-hari di tempat kerja seperti yang dilansir dari realsimple.com. Jadi, alih-alih meraih toples kue di kantor, cobalah salah satu dari metode yang terbukti bekerja ini untuk meningkatkan kebahagiaanmu secara keseluruhan di tempat kerja.

Berjalan kaki kecil 

Beristirahat sejenak di tengah-tengah hari kerja adalah cara yang baik untuk meningkatkan suasana hati di kantor. Dengan sedikit berjalan kaki dapat membantu meningkatkan kreativitas dan daya pikirmu. 

Sebuah studi di Iowa State menunjukkan hanya dengan berjalan kaki kamu dapat memiliki dampak positif yang signifikan terhadap suasana hati. Jika kamu merasa pusing dengan tumpukan dokumen atau sedang merasa putus asa, berjalan-jalanlah di sekitar blok atau naik turun tangga jika cuaca tidak memungkinkan. Bahkan setelah 5 menit, kamu mungkin kembali ke meja dengan perasaan segar kembali.

 

 

Tonton video pendek yang lucu

Tertawa ternyata dapat memberi energi pada tubuh dan membuatmu lebih produktif. Jangan merasa menyia-nyiakan waktu karena harus meluangkan beberapa menit untuk menonton klip pendek kucing mengenakan kostum hiu mengejar bebek atau apa pun yang membuat kamu tertawa. Ini adalah cara mudah untuk memecah tugas yang panjang tanpa benar-benar meninggalkan meja kerjamu.

 

 

Atur dan rapikan ruang kerja

Ruang kerja yang rapi dan terorganisir terbukti dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk fokus dan produktif secara keseluruhan. Hal ini juga dapat membuat kamu merasa lebih bisa mengendalikan lingkungan yang merupakan salah satu penghalang kebahagiaan di ruang kerja konvensional. 

Putar musik yang dapat mengangkat mood

Mendengarkan musik saat kamu sedang bekerja dapat membuat suasana di meja kantor terasa lebih nyaman. Sebuah studi dari Montreal Neurological Institute and Hospital menunjukkan hubungan langsung antara mendengarkan musik dan pelepasan dopamin, yakni neurotransmitter yang menyenangkan yang terikat pada segala jenis kesenangan.

Mendengarkan lagu mungkin tidak tepat ketika kamu sedang mempelajari keterampilan baru atau memproses informasi yang rumit tetapi untuk menemani saat sedang mengerjakan tugas kognitif yang relatif mudah, teruskan dan putar speaker minimu untuk menghilangkan rasa penat di kantor.

 

Mengobrol dengan rekan kerja

Membentuk hubungan positif di tempat kerja dan terlibat dengan orang-orang sepanjang hari adalah cara yang fantastis untuk membuat pekerjaan terasa ringan. Jelas, kamu tidak dapat menghabiskan sepanjang hari dengan hal ini tetapi menemukan waktu untuk obrolan cepat dan singkat untuk mengakhiri jam kerjamu dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan suasana hati di kantor.

(Raffinda E.P)

 

Simak Video Menarik Berikut Ini

#ChangeMaker 

Loading
Artikel Selanjutnya
Ibunda Jokowi Figur Perempuan Tangguh yang Sederhana dari Solo
Artikel Selanjutnya
3 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan