Sukses

Lifestyle

Pencegahan Penularan Virus Corona dari 11 Barang yang Jarang Disadari

ringkasan

  • Kebersihan harus dijaga sebab virus corona dapat menempel di pakaian atau benda-benda di sekitar penderita
  • Barang-barang yang harus rajin dibersihkan, karena mungkin virus corona dapat menempel dan menularkan ke diri kita atau keluarga

Fimela.com, Jakarta Di tengah pandemi virus corona, kita dituntut untuk hidup bersih. Mulai dari cuci tangan dengan air dan sabun, hingga rajin membersihkan barang-barang di rumah.

Kebersihan harus dijaga sebab virus corona dapat menempel di pakaian atau benda-benda di sekitar penderita. Jadi tak ada salahnya untuk selalu menjaga kebersihan. Menurut CDC, virus corona dapat tetap hidup di permukaan benda mati selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut barang-barang yang harus rajin dibersihkan, karena mungkin virus corona dapat menempel dan menularkan ke diri kita atau keluarga.

1. Ponsel

Setiap jamnya, kita tidak bisa lepas dari ponsel. Untuk itu tak ada salah untuk membersihkan ponsel dengan kain microfiber antibakteri, dan semprotkan pembersih ke kain untuk mencegah kerusakan. Lepaskan casing dan lap dengan kain bersih yang dicelupkan ke dalam alkohol 70%, lalu biarkan kering. Jangan lupa cuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan ponsel.

2. Gagang pintu dan saklar

Kuman bertahan lebih lama pada suatu benda. Untuk mendisinfeksi gagang pintu dan sakelar lampu di rumah, bersihkan dengan produk penghancur kuman, seperti Disinfecting Wipes atau semprot dengan alkohol 70%. Pastikan semua gagang pintu dan saklar yang ada di rumah telah kamu bersihkan.

3. Meja

Pastikan untuk menggunakan semprotan desinfektan atau lap pada permukaan meja dan kursi. Jangan lupa untuk membersihkan pegangan laci ataupun barang-barang di sekitar meja kerja.

4. Remote TV

Bersihkan dengan pertama-tama lepaskan baterai. Kemudian gunakan kain bersih yang dicelupkan ke dalam alkohol 70% dan gunakan Q-Tip untuk membersihkan tombol dengan hati-hati. Pastikan remote tersebut benar-benar kering.

5. Keyboard

Selama Work form home, pasti selalu menggunakan keyboard leptop atau komputer untuk bekerja. Untuk itu, harus sering dibersihkan dengan mengunakan semprotan udara untuk menghilangkan remah dan debu pada keyboard. Untuk mendisinfeksi, lap permukaan dengan alkohol 70%, berhati-hatilah agar cairan tidak menetes ke dalam sela-sela keyboard.

6. Sakelar lampu

Tisu antibakteri mungkin bisa digunakan untuk membersihkan sakelar. Meskipun terlihatnya hanya benda kecil namun sakelar bisa menjadi sumber penyebaran virus, karena telah disentuh oleh banyak tangan yang berbeda setiap harinya. Jadi jangan meremehkan hal-hal kecil yang sebenarnya penting untuk dilakukan.

7. Kursi

Kursi sering digunakan untuk bersandar dan digunakan lebih dari satu orang setiap hari. Gunakan semprotan disendektan untuk membersihkannya.

8. Toilet

Sebaiknya, tingkatkan kebersihan toilet dengan membersihkannya secara rutin dan pastikan fokus pada area yang sering sentuh oleh tangan seperti tombol flush dan ujung dudukan toilet.

9. Keran Wastafel

Keran pada wastafel juga perlu untuk dibersihkan setiap hari ini tak terkecuali bak mandi. Ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan satu orang menyebarkan virus ke orang lain.

10. Perlengkapan Mandi dan Makeup

Tanpa disadari ketika dirimu memegang pasta gigi virus dapat menempel pada tempat tersebut dan akan bertahan hingga berjam-jam bahkan berhari-hati. Untuk itu ada baiknya mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum menyentuh barang-barang ini.

11. Barang yang diterima saat belanja online

Menerima paket atau barang saat belanja online belum tentu keamanan dan kebersihannya. Maka untuk mengurangi risiko penularan virus corona, ada baiknya kita lakukan hal seperti minta kurir untuk manuruh paket di depan pintu tanpa menemuinya, lalu buka paket di luar rumah, langsung membuang kemasan, mencuci tangan setelah menerima atau membuka paket.

#Changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Klaim Terawan: Vaksin Nusantara hanya Butuh 8 Hari untuk Hadapi Varian COVID-19 Delta
Artikel Selanjutnya
Kemenkes Sebut Perlindungan Vaksin COVID-19 Masih Efektif Hadapi Varian Delta