Sukses

Lifestyle

Tips Mudah Mengontrol Konsumsi Makanan Selama Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Puasa Ramadan adalah sebuah kewajiban bagi seorang Muslim untuk melakukan puasa. Selain itu puasa juga dapat memberikan manfaat baik untuk tubuh kita yaitu untuk detoks, menghilangkan racun-rancun yang ada di dalam tubuh. Namun, terkadang makan besar saat berbuka puasa salah satu faktor yang membuat tubuh menjadi merasa tidak baik. Hal ini dapat menjadi buruk bagi kesehatan seseorang. Mengonsumsi makanan secara berlebih dapat mengakibatkan perut sakit, munculnya rasa kantuk, mulas, kram perut dan gastritis. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk menghindari makan secara berlebih selama Ramadan.

Jangan Lupa untuk Sahur

Sahur sangat penting untuk kita lakukan sebelum memulai puasa. Mengonsumsi makanan sehat saat sahur akan memberikan energi sepanjang hari dan memungkinkan kita untuk makan secukupnya saat berbuka. Meskipun sahur adalah sunnah, jika kita menjalankannya akan menjadikannya lebih baik.

Makan Secukupnya saat Berbuka

Setelah berpuasa seharian selama 12 jam mungkin akan membuat perutmu merasa sangat lapar dan ingin melahap semua makanan yang ada. Namun, ini adalah cara yang salah, sangat dianjurkan untuk kita mengonsumsi air dan makanan secukupnya. Sebaiknya lakukan makan berat beberapa saat setelah dirimu mengonsumsi takjil untuk membatalkan puasa. Hal ini di lakukan untuk membantu pencernaan kita mencerna makanan dan menyerap nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.

Berbuka dengan Sesuatu yang Ringan

Seperti yang dijelaskan di atas, sebaiknya berbukalah dengan makanan yang ringan, misalnya dengan kurma dan segelas air putih atau teh hangat. Ini bertujuan untuk mengenalkan perut dengan makanan saat setelah beberapa jam perut kosong. Perbanyak mengonsumsi air putih supaya tubuh tetap terhidrasi setelah seharian menahan lapar dan huas. Sahabat Fimela juga dapat menyajika menu buka puasa dengan sesuatu yang ringan misalnya sup ayam atau sayur berkuah lainnya.

Sadar Diri

Cobalah untuk memperhatikan apa yang dikatakan tubuhmu. Mungkin dirimu merasa lapar ketika waktu berbuka telah tiba. Tetapi mungkin kita akan menemukan situasi di mana perut merasa tidak memiliki rasa lapar yang berlebih. Berusahalah secara sadar untuk tidak makan berlebih saat berbuka. Hal ini dilakukan untuk menjaga pencernaan untuk mencerna sesuai porsinya. 

Tetap semangat menjalankan puasa bagi Sahabat Fimela yang menjalankannya. Tetap jaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat dan susai dengan kebutuhan. Karena sesuatu yang berlebih juga tidak baik untuk kesehatan tubuh kita.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading