Sukses

Lifestyle

Saat Raga Masih Sanggup Bergerak Maju, Bekerja Keraslah

Fimela.com, Jakarta Punya kisah atau kesan tak terlupakan terkait bulan Ramadan? Atau mungkin punya harapan khusus di bulan Ramadan? Bulan Ramadan memang bulan yang istimewa. Masing-masing dari kita pun punya kisah atau pengalaman tak terlupakan yang berkaitan dengan bulan ini. Seperti kisah Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam My Ramadan Story: Berbagi Kisah di Bulan yang Suci ini.

***

Oleh: Lukman Zaenudin

"Bukan karena siapa, tapi apa yang telah kita lakukan, untuk membuktikan bahwa kita ada dan memang bisa berdaya."

Setiap orang punya cerita, tak peduli ia miskin atau kaya, lemah atau perkasa, bahkan punya harta hanya atau bahkan hati saja. Abah Ode, ia bukanlah lelaki tua yang punya banyak harta dan pekerjaan yang bisa menopang hidupnya. Ia adalah pria berusia 64 tahun yang sehari-hari berkecimpung dengan sampah untuk dipilih dan dipilah.

Dalam segala keterbatasannya, Abah Ode punya cita-cita mulia, ia ingin menjadi seorang kepala keluarga yang bisa menopang dan mengayomi anak istrinya. Segala jenis pekerjaan sudah dilaluinya, mulai dari pesuruh di kantor desa, hingga buruh bangunan di awal tahun 90-an. Cobaan terberat yang pernah dilaluinya ketika harus merelakan sebelah tanganya untuk diamputasi karena infeksi yang dideritanya ketika kecelakaan kerja. Meski terbatas, sudut pandang Abah Ode terhadap kehidupan sangatlah bijak, tak ada gunanya meratapi nasibnya, lebih baik tangan di atas dari pada tangan di bawah.

 

Semangat Abah Ode

Memilih dan memilah sampah bukanlah hal yang mudah, karena memang penghasilannya tak menentu, tergantung jumlah sampah yang ada dan juga orang-orang yang berprofesi sama harus berbagi rezeki untuk menyambung hidupnya. Tak banyak yang diharap oleh Abah Ode, ia hanya meminta kepada Allah SWT agar diberikan kesehatan selalu, karena baginya urusan rezeki sudah ada yang mengatur, ia ikhlas melakukannya dan ini sudah jadi prinsip hidupnya.

Abah Ode selalu berpesan, tetap bersyukur dan bekerja keraslah, ketika ragamu masih sanggup berjalan dan bergerak maju dan masih bisa berdiri tegap. Ramadan ini, saya mengajak semua untuk saling berbagi; menebar kebaikan dan rasa kemanusiaan. Kamu bisa bantu siapa saja keluarga yang terdampak Covid-19 yang sangat membutuhkan. Kisah ini persembahan saya dari Abah Ode warga kawasan pendidikan Jatinangor, dusun Sukawening, Kabupaten Sumedang.

 

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Praktis Ikan Kakap Pedas Manis
Artikel Selanjutnya
Bersabarlah karena Allah Senantiasa Bersama Orang-Orang yang Sabar