Sukses

Lifestyle

5 Tips Melindungi Privasi saat Menggunakan Aplikasi Kencan Online

Fimela.com, Jakarta Pencarian jodoh di era modern seperti ini semakin variatif. Salah satunya adalah melalui aplikasi kencan online. Tak sedikit orang yang berhasil menemukan jodohnya hingga akhirnya menikah melalui aplikasi tersebut. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa menggunakan aplikasi kencan online bisa cukup berbahaya bila kita tak berhati-hati dalam membuat profil.

Privasi diri tetap perlu dijaga sebaik mungkin. Di era seperti ini, informasi seseorang bisa dengan mudah dikuak dan diungkap melalui dunia maya. Orang yang berniat jahat bisa menyalahgunakan identitas seseorang untuk sesuatu yang merugikan. Untuk itu bila membuat profil di aplikasi kencan online usahakan untuk tetap menjaga privasi diri.

1. Buat Username yang Berbeda dari Akun Medsos Lainnya

Melansir us.norton.com, dalam membuat profil di aplikasi kencan online, sebaiknya membuat username yang berbeda dari akun media sosial lainnya. Bila perlu buat berbeda dari nama asli. Mengingat pengguna aplikasi kencan online bisa sangat banyak dari berbagai wilayah maka kita tak bisa tahu pasti siapa saja yang benar-benar baik dan jahat saat menyapa kita. Supaya aman, sebaiknya gunakan nama akun yang berbeda demi kenyamanan dan keamananmu.

2. Gunakan Alamat Email Khusus

Bila perlu, buat email khusus tersendiri untuk aplikasi kencan online yang kamu pakai. Jika kamu dan kenalan baru ingin mengobrol lebih panjang, bisa via email untuk menjaga identitas tetap terjaga. Sebelum benar-benar yakin kenalanmu tidak punya niat jahat padamu, bisa manfaatkan alamat email terlebih dahulu.

3. Sembunyikan Akun Medsosmu

 Ada yang merasa tak masalah mengumbar akun media sosialnya di profil. Tapi bila ingin lebih berhati-hati dan terhindar dari orang yang ingin berniat jahat atau berlaku buruk, sebaiknya sembunyikan dulu akun medsosmu.

4. Hindari Menuliskan Nama Kampus atau Kantor

Jika masih kuliah, sebaiknya tidak menuliskan nama kampus atau universitas. Jika sedang bekerja, hindari menuliskan nama kantor atau perusahaan. Bisa cukup dituliskan mahasiswa, karyawan, pengusaha, dan semacamnya. Tak perlu menyebutkan tempat atau lokasinya. Orang bisa dengan mudah melacak identitas dan latar belakang kita dengan menggunakan informasi tersebut. Jadi, hati-hati ya.

5. Pasang Foto Profil yang Berbeda dari Akun Medsos Lainnya

Buat foto yang baru dan berbeda dari yang kamu pasang dan unggah di akun media sosialmu yang lain. Usahakan dalam fotomu tidak menampilkan kamar, rumah, atau lokasi-lokasi yang sering kamu kunjungi. Untuk menghindari stalker, memang lebih aman memasang foto yang tampak "netral" dan berbeda dari yang ada di unggahan lainnya.

Saatnya untuk lebih berhati-hati dalam membuat akun di aplikasi kencan online. Tetap jaga privasi dan identitasmu dengan baik dan aman. Semoga tips-tips di atas bermanfaat.

#ChangeMaker

;
Loading