Sukses

Lifestyle

Lakukan 10 Cara Ini untuk Lindungi Diri Sendiri dan Pasangan dari Perselingkuhan

ringkasan

  • Perlindungan terbaik terhadap kecurangan dan perselingkuhan adalah memastikan hubungan kita terlalu mengagumkan untuk dikacaukan
  • bocorannya dalah perkuat pondasi diri sendiri dan hubungan dan tidak terlalu mengkhawatirkan godaan di luaran.

Fimela.com, Jakarta Perlindungan terbaik terhadap kecurangan dan perselingkuhan adalah memastikan hubungan kita terlalu mengagumkan untuk dikacaukan. Menjadi menarik bagi pasangan setiap hari lebih baik daripada merasa insecure atas segala ancaman dan godaan di luaran.

Menjaga hubungan tetap fresh dan menyenangkan akan merangsang otak untuk tetap menjaga hubungan utama. Saat ada kecurigaan satu sama lain atas kehadiran orang ketiga, jangan termakan cemburu berlebihan.

Justru ini menjadi momen pembuktian jika kamu dan hubungan patut dipertahankan. Memang tak semudah kedengarannya, tapi bukannya menjaga hubungan harus konstan dilakukan selama kehidupan berjalan?

Berikut 10 cara melindungi diri sendiri dan pasangan dari perselingkuhan melansir dari lifehack.org; bocorannya perkuat pondasi diri sendiri dan hubungan serta tidak terlalu mengkhawatirkan godaan di luaran.

1. Punya kesepakatan

Penulis Wired of Love Dr. Stan Tatkin mengingatkan pentingnya punya perjanjian eksplisit. "Segala sesuatu yang dianggap tidak benar-benar ada," ujarnya.

Misalnya, pasangan mungkin berpikir tidak masalah berdansa dengan teman perempuan mereka, namun kamu menganggap itu di luar batas. Sebab itu, cobalah membuat pembahasan tentang hal-hal yang dianggap kecurangan sampai perselingkuhan emosional dan menjadikannya pegangan.

2. Jadilah Bintang

Benteng pertahanan terbaik melawan segala godaan dan kecurangan adalah hubungan yang hebat. Saat kebutuhan fisik dan emosional kita dan pasangan tercukupi, kita tidak memiliki keinginan mencari kepuasan di tempat lain.

Jadi, cari tahu apa keinginan dan kebutuhan satu sama lain dan seberapa banyak saling memenuhi. Cobalah untuk meningkatkan pada hal yang dirasa kurang dan saling terbuka tentang apa yang dibutuhkan untuk merasa bahagia sepenuhnya.

3. Hijaukan rumput di halaman sendiri

Pepatah rumput tetangga lebih hijau dari rumput sendiri juga bisa dianalogikan dalam hubungan rumah tangga. Namun kita selalu punya pilihan untuk menghijaukan rumput sendiri dengan memelihara agar tetap hijau dan segar (tidak mati).

Sebab seiring bertambah usia, kita akan mengalami perkembangan pemikiran, ide, preferensi, dan tentunya keinginan yang berbeda lagi. Bagaimana caranya kamu dan pasangan menjalaninya? Gali informasi bersama, atau yang banyak dipilih pasutri yaitu mengikuti program edukasi untuk menguatkan ikatan satu sama lain.

4. Jadi yang paling paham diri pasangan

Simpel tapi tidak sesederhana kedengarannya. Bisa jadi pasangan punya rahasia yang tidak ingin dibagikan padamu atau siapa pun.

Namun kamu harus selangkah lebih maju dari semua orang untuk mengetahui informasi tentang pasangan yang tidak diketahui orang lain. Pakai informasi tersebut untuk membuat kamu paling berharga dan tidak dapat ditiru orang lain, bahkan ibu atau teman-teman mereka.

5. Saat cemburu, jadilah sosok lebih baik lagi

Saat kamu mencurigai pasangan memiliki perhatian pada seseorang, pasti memicu rasa cemburu. Jangan salah langkah, menjadi kritis dan terlalu marah.

Justru ini saatnya kamu mengambil hati dengan bakat dan kemampuan. Tunjukkan pasanganmu alasan untuk mencintai dan menghargai hubungan.

Terlalu kesal justru membuat pasangan takut dan menjadi ekstra hati-hati, namun itu bukan strategi jangka panjang dan efektif. Sebab hanya alasan positif yang berfungsi sebagai perekat yang akan melindungimu dari orang ketiga.

 

6. Konseling? boleh saja sesekali dilakukan

Stigma kuno tentang konselor pasangan sudah lama hilang. Banyak pasangan yang hubungannya baik-baik saja mengunjungi terapis untuk mendapatkan dukungan yang positif dan proaktif.

Sebab banyak juga permasalahan dalam rumah tangga yang berasal dari orang lain seperti orangtua dan saudara, dan kerabat lainnya. Sesi konseling dapat membantu kita mengembangkan cara penyelesaian masalah yang lebih komprehensif dan merawat hubungan di berbagai aspek kehidupan lebih menyenangkan.

 

7. Justify your existence

Saat kamu tidak dapat memenuhi kebutuhan emosional, intelektual, dan fisik, pasangan bisa mencarinya pada orang lain. Biasanya orang ketiga hadir membawa semua kebutuhan untuk menggantikan pasangan kita.

Pikirkan menjadi pasangan sebagai pelamar kerja setiap hari. Mengapa pasangan harus mempertahankan dan tidak bisa memecatmu? Kita harus memiliki performa baik sehingga bisa bersaing dan patut dipertahankan untuk mencegah perpisahan.

Lakukan ini bukan karena rasa takut, tapi kita memang memiliki nilai dan kualitas diri. Pasangan pasti tak akan berpaling meski banyak godaan yang datang.

 

8. Kenapa tidak berselingkuh?

Secara biologis, ada banyak alasan untuk membenarkan perselingkuhan. Apalagai saat nafsu fisik yang diperintah otak melihat hal-hal baru, orang asing, atau sesuatu eksotis yang mengganggu pikirannya. Jika dibiarkan, tentu bagian otak tersebut dapat bertindak sesuai keinginannya.

Kalau ini terjadi, pikirkan manfaat sebuah komitmen; pasangan mengenal kita lebih baik dari orang lain; seseorang yang telah menjadi teman berbagi dalam hidup; seseorang yang bisa kita andalkan; teman seumur hidup yang menerima saat menjadi tua bersama, dan lainnya. Jadi, kita dan pasangan perlu mengingatkan diri sendiri tentang alasan komitmen sehingga pikiran di otak tetap terkendali.

 

9. Batasi Peluang

Perselingkuhan dan kecurangan pada dasarnya adalah masalah kekuatan dan kepuasan pada hubungan saat sekarang, sebab itu selalu introspeksi hal tersebut sebelum menyalahkan orang lain atau keadaan. Baru kontribusi kedua penyebab perselingkuhan adalah peluang.

Seperti bepergian dengan rekan kerja, party tanpa pasangan, banyak menghabiskan waktu sendirian, minum terlalu banyak, sampai memiliki lingkaran pertemanan yang bisa menciptakan peluang tersebut. Lantas apa yang harus dilakukan?

Cobalah untuk melakukan hal bersama-sama sehingga orang lain tidak memiliki banyak akses. Tetap berkomunikasi sepanjang hari dan saling memberi kabar untuk memberi energi yang terpusat pada hubungan utama.

 

10. Berfantasi dan Bereksplorasi

Cobalah untuk lebih sering membahas tentang hubungan seks, fantasi, dan hasrat. Coba juga hobi baru bersama pasangan untuk menjaga hubungan lebih menarik dan menyenangkan.

Sesimpel nonton acara TV baru atau aktivitas baru dalam urusan keintiman emosional dan fisik. Hal tersebut akan menjaga asmara tetap membara dan membantu menguatkan ikatan.

Simak Video Berikut

#ChangeMaker 

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Di Dunia Ini Tak Ada yang Sempurna, tapi Kita Bisa Memilih untuk Bahagia
Artikel Selanjutnya
Begini Cara Mencintai Perempuan Cancer yang Perlu Pria Ketahui