Sukses

Lifestyle

Genggaman Tangan Suami pada Istri yang Berjuang Melahirkan, Manfaatnya Luar Biasa

Fimela.com, Jakarta Proses melahirkan adalah proses yang tidak mudah bagi sebagian besar perempuan. Perasaan pun campur aduk tak karuan. Di satu sisi merasa bahagia karena tak lama lagi akan menyambut kelahiran buah hati tercinta. Di sisi lain rasa sakitnya bisa terasa sangat luar biasa.

Pendampingan suami (selama memungkinkan dan diperbolehkan) bisa sangat membantu kelancaran persalinan istri. Bahkan genggaman tangan suami pada istri yang sedang berjuang melahirkan pun memiliki manfaat yang luar biasa. Lebih dari sekadar memberi semangat.

Sentuhan Bisa Meredam Rasa Sakit

Genggaman tangan melibatkan sentuhan. Sentuhan melibatkan kulit. Mengutip buku Psikologi Pengantin, salah satu indra sensoris yang diakui akurasinya setara dengan penglihatan mata adalah sentuhan. Sensasi rangsang fisik pada kulit sangat berpengaruh pada pengalaman psikologis. 

Lebih lanjut lagi dijelaskan dalam buku tersebut bahwa stimulus fisik dalam bentuk sentuhan melibatkan energi mekanis, thermal, dan kimiawi yang menimpa kulit. Stimulasi pada kulit menghasilkan persepsi terhadap stimulasi taktil seperti tekanan, rasa hangat, dingin sekaligus sakit. Struktur serabut syaraf yang menghubungkan kulit dengan otak, memberikan informasi melalui tulang belakang termasuk otak. Jalur taktil melewati thalamus, terus menuju somatosensory cortex yang terletak pada otak bagian lobus parietal. Somatosensory cortex, berfungsi memberikan beberapa informasi ke tubuh seperti tekanan dan rasa sakit.

Saat seorang perempuan sedang mengejan dan merasakan sakit dalam proses melahirkan, sentuhan dari genggaman tangan suami dapat membantunya untuk meredam rasa sakit. Sebab saat sakit, bukan penglihatan yang berfungsi untuk meredam respons, tapi sentuhan.  

Sentuhan Dapat Memberikan Rasa Nyaman

Sentuhan seorang suami pada istri atau sebaliknya bisa memberikan stimulus yang membangkitkan rasa tersendiri. Saat suami menggenggam tangan istri yang sedang berjuang melahirkan, istri bisa mendapatkan rasa aman dan nyaman. Kulit dan sentuhan, memberikan informasi ke otak pada area yang mirip dengan area yang memberikan informasi tentang tekanan dan rasa sakit. Sentuhan dapat menghibur, meredakan marah, membangkitkan gairah, dan memberikan rasa nyaman.

Bagi yang saat ini sedang mendekati hari perkiraan lahir, bisa pertimbangkan atau rencanakan untuk mendapat pendampingan suami selama proses melahirkan. Kehadiran suami dan genggaman tangannya jelas akan memberi kenyamanan tersendiri.

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Tips Traveling Aman Saat Era New Normal
Artikel Selanjutnya
Belum Bisa Berkomitmen, 3 Zodiak Ini Rentan Mendua