Sukses

Lifestyle

Manfaat Buah Duku untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Duku adalah buah musiman, yang banyak tumbuh di Indonesia. Duku saat musim mudah didapat di paasar tradisional hingga modern. Selain itu Duku juga memiliki manfaat baik untuk tubuh.

Nama lain dari buah duku adalah Lansium Parasiticum. Duku sangat baik untuk tubuh karena memiliki kandungan makronutrien, mineral dan juga antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tahukah kamu jika selain daging dari buah duku, ternyata biji hingga batang buah duku, sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat buah duku, yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, dirangkum dari berbagai sumber:

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat buah duku untuk kesehatan yang pertama, bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, dan mencegah sakit perut atau sembelit. Sistem pencernaan yang tidak lancar, biasanya disebabkan karena kurangnya asupan serat, sehingga menyebabkan BAB jadi tidak lancar.

Dalam 100gram buah duku, memiliki kandungan 4,3 gram serat, yang sangat baik untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah duku yang kedua, untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Buah duku memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C, yang bisa meningkatkan produksi sel imun di dalam tubuh, sehingga sistem kekebalan tubuh lebih kuat.

Vitamin C yang terkandung di dalam buah duku, juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit, agar kulit terlihat lebih cerah dan awet muda.

Mencegah Kanker

Buah duku adalah buah yang memiliki kandungan antioksidan, seperti polifenol, yang bisa membantu mencegah radikal bebas. Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, bisa menimbulkan sel kanker, dan menyerah sistem kekebalan tubuh.

Selain menyebabkan kanker, radikal bebas juga bisa merusak kulit, sehingga bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit.

 

Mencegah Infeksi

Buah duku memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan, salah satunya adalah untuk mencegah infeksi pada tubuh atau kulit, karena duku memiliki sifat antibakterial. Menurut penelitian, ekstrak kulit duku dan biji duku, bisa membantu menyembuhkan sakit pada tubuh karena infeksi bakteri atau jamur.

Kulit dan biji buah duku yang dikeringkan, bisa membantu menghasilkan asam lansionat, yang bisa membantu melawan infeksi beberapa jenis jamur seperti Candida albican.

Obat Malaria

Manfaat buah duku yang terakhir, untuk menjaga kesehatan tubuh, yaitu digunakan sebagai obat malaria. Kulit dan daun buah duku dipercaya bisa digunakan sebagai ramuan obat-obatan, karena kandungan yang terdapat pada ekstrak kulit dan buah duku, bisa membantu melawan strain parasit penyebab malaria.

Semoga informasi ini bermanfaat untukmu. Selamat mencoba.

;
Loading