Sukses

Lifestyle

5 Hal Pertama yang Harus Segera Kamu Lakukan setelah Olahraga

Fimela.com, Jakarta Pemulihan pasca olahraga sangat penting untuk dilakukan. Pemulihan akan memberi tubuh perhatian yang diperlukan dan sama pentingnya dengan pemanasan.

Dilansir dari sheknows.com, berikut ini adalah beberapa hal pertama yang harus segera kamu lakukan setelah olahraga. Penasaran apa saja?

1. Hidrasi

Tubuh kehilangan cairan selama kamu olahraga, sehingga hidrasi sangat penting untuk meningkatkan pemulihan. Air mendukung semua fungsi metabolisme dalam tubuh.

Ketika melakukan olahraga untuk jangka waktu lama, tubuh akan kehilangan garam dan elektrolit. Air kelapa dapat membantu mengisi kembali kedua hal tersebut dengan kandungan kaliumnya.

2. Peregangan

Peregangan memungkinkan detak jantung dan sistem saraf menjadi tenang. Biarkan tubuh melambat dengan peregangan, karena jika tidak, darah dapat menggenang dan saat itulah kamu mengalami kram setelah olahraga.

 

3. Mengatasi peradangan

Setiap olahraga akan menyebabkan robekan mikroskopis pada serat otot dan ini tugas proses pemulihan untuk membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan selama olahraga. Es dapat membantu mengurangi peradangan.

4. Makan sedikit protein

Ambillah 20 sampai 30 menit setelah olahraga untuk mengonsumsi sedikit protein. Ini akan mengoptimalkan pemulihan, membantu mengurangi nyeri otot, dan membantumu tampil lebih baik di olahraga berikutnya.

5. Mendengarkan tubuh

Tubuh dibangun secara berbeda, maka proses pemulihannya pun berbeda. Jika kamu merasa lelah atau sakit, sebaiknya hentikan olahraga dan sisihkan waktu lebih banyak untuk pemulihan. Selamat mencoba!

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

;
Loading