Sukses

Lifestyle

Kenangan Berkesan Rayakan Hari Kemerdekaan RI yang Tak Terlupakan

Fimela.com, Jakarta Kita semua pasti punya pengalaman tak terlupakan terkait negeri kita tercinta Indonesia. Ada kebanggaan yang pernah kita rasakan sebagai bagian dari Indonesia. Kebanggaan terhadap keindahan alam Indonesia, kekayaan tradisi dan budaya, kecintaan terhadap masyarakat Indonesia, dan lain sebagainya. Kita pun punya cara tersendiri dalam mengartikan kebanggaan terhadap tanah air ini. Melalui Lomba Share Your Stories Bulan Agustus: Bangga Indonesia ini, Sahabat Fimela bisa berbagi cerita, pengalaman, dan sudut pandang tentang hal tersebut.

***

Oleh: Cici Sari Wahyuni

Bulan Agustus selalu menjadi waktu yang berarti untuk bangsa Indonesia. Bulan terjadinya peristiwa penting yang akan selalu terukir dalam sejarah dan tak akan pernah terlupakan. Bulan Agustus, tepatnya tanggal 17 Agustus, bangsa kita merayakan kemerdekaan dengan rasa syukur kepada Tuhan dan para pejuang yang membebaskan kita dari penjajahan.

Di tengah menanti hari spesial tersebut, delapan bulan terakhir kita diliputi perasaan cemas karena pandemi. Mengharuskan kita beradaptasi dengan lingkungan baru sesuatu aturan protokol kesehatan. Namun meski begitu, tak ada alasan untuk terus bersedih dan melewatkan momen berharga yang hanya akan kita jumpai setahun sekali ini.

Seperti itulah keadaan yang saya lihat di televisi dan juga saya rasakan.  Bagaimana saudara-saudara saya dari daerah lain menyambut hari kemerdekaan. Cara mereka unik, cenderung berbeda-beda dengan ciri khas masing-masing. Namun tujuan mereka sama, yaitu mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif untuk membangkitkan rasa cinta kita terhadap tanah air. Membuat kita terus merasa bersyukur untuk hidup hari ini dalam kondisi merdeka.

 

 

Keseruan Agustus-an Masa Kecil

Tujuh belas Agustus menjadi salah satu momen menyenangkan yang pernah terjadi dalam hidup saya. Hari itu selalu memberi kesan tersendiri, mendalam, dan berbeda dibandingkan hari-hari lainnya. Misalnya seperti upacara bendera di Istana Negara.  Upacara bendera menyambut HUT RI selalu menjadi yang paling istimewa, berbeda dari upacara setiap senin pada umumnya. Mulai dari petugas upacara yang berjumlah banyak, susunan acara khusus, sampai lagu-lagu kebangsaan yang diiringi dengan Marching Band. Lagu-lagu kebangsaan yang dinyanyikan tim paduan suara selalu membuat saya merinding bercampur bangga. Saya selalu menikmati upacara bendera hari kemerdekaan.

Hari kemerdekaan Indonesia selalu tak pernah terpisahkan dari yang namanya perlombaan. Dulu ketika saya masih kecil, di lapangan besar yang tak jauh dari rumah, lingkungan RT saya membuat perlombaan untuk anak-anak dan juga orang dewasa. Jenis perlombaan yang ditawarkan pun bervariasi dan yang selalu menarik banyak perhatian adalah lomba panjat pinang. Momen perlombaan adalah momen yang paling menyenangkan dan juga dirindukan. Selain bisa berkumpul bersama para tetangga dan berbagi kebersamaan, perlombaan itu juga mengajarkan kita makna perjuangan dan saling menghargai.

Mungkin apa yang telah saya lalui beberapa tahun silam dan tahun-tahun lalu, tidak akan saya temukan kembali di tahun ini. Pergerakan kita sedang dibatasi. Meski terasa berbeda, saya percaya akan selalu ada cara lain untuk menghidupkan kemerdekaan hari ini.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading