Sukses

Lifestyle

4 Sumber Dana yang Bisa Digunakan untuk Persiapan Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Kehamilan perlu disiapkan dengan sebaik mungkin. Selain mempersiapkan kondisi tubuh dan mental dengan baik, mempersiapkan keuangan juga perlu dilakukan dengan cermat. Ada beberapa sumber dana yang bisa digunakan untuk persiapan kehamilan.

Mengutip buku MoneySmart Parent, ada empat sumber dana yang bisa dipakai untuk persiapan kehamilan. Dari mana sajakah sumber dananya? Berikut uraiannya.

1. Angpau Pernikahan

Punya rencana untuk segera memiliki momongan setelah menikah? Maka angpau pernikahan perlu segera ditabung atau dialokasikan untuk persiapan kehamilan. Pasangan muda sebaiknya menyisihkan dana hingga Rp20 juta untuk kebutuhan biaya persiapan kehamilan.

2. Manfaat Tunjangan Kesehatan dari Kantor Tempat Bekerja

Ada baiknya untuk memeriksa apakah ada manfaat kesehatan dari kantor yang dapat memberikan penggantian biaya promil. Karena kehamilan bukan penyakit, maka belum tentu biaya promol akan ditanggung oleh manfaat asuransi kesehatan dari kantor. Tapi tak ada salahnya untuk mengecek dan memeriksa lagi ada tidaknya manfaat yang bisa diperoleh dari tempat kerja untuk persiapan kehamilan.

3. Penghasilan

Menyisihkan sebagian penghasilan untuk biaya persiapan kehamilan juga perlu dilakukan. Terlebih bila angpau pernikahan sudah tidak tersisa sama sekali. Pasangan muda biasanya hanya mampu menyisihkan 5-10% dari gaji bulanan untuk persiapan kehamilan.

4. Intensif atau Bonus Tahunan

Gunakan bonus tahunan atau intensif dengan lebih optimal. Biaya persiapan kehamilan bisa didapat dari intensif atau bonus dari tempat kerja. Selama tidak punya utang konsumtif, maka bonus boleh dipakai semua.

Mencari pekerjaan sampingan atau mencoba usaha lain  juga bisa dilakukan untuk menambah biaya sebagai sumber dana persiapan kehamilan. Persiapkan dengan baik agar kehamilan bisa lebih nyaman, ya.

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Urutan Zodiak Paling Cerdas, Kamu Ada di Nomor Berapa?
Artikel Selanjutnya
Kentut di Depan Pasangan Bisa Perkuat Hubungan Cinta, Studi Membuktikan