Sukses

Lifestyle

Fimela Fest 2020: Pantone Buat Warna Terbaru untuk Ubah Stigma Menstruasi

Fimela.com, Jakarta Hormon perempuan yang lebih fluktuatif bisa diakibatkan karena periode menstruasi setiap bulannya. Pengalaman menstruasi tiap perempuan pun berbeda.

Meski menstruasi merupakan bagian kehidupan yang terjadi secara alami, masih banyak orang enggan bahkan tabu membicarakan topik ini di ranah publik. Beragam stigma soal menstruasi beredar di publik yang membuatnya enggan untuk dibahas.

Hendak mengubah stigma yang melekat pada menstruasi, Pantone meluncurkan warna merah terbaru. Warna 'menstruasi' ini merupakan warna merah tua yang cerah dan dibuat sebagai bagian dari kampanye untuk mendorong orang berbicara lebih terbuka soal menstruasi.

Pantone merupakan sistem pencocokan warna terbesar di dunia. Ia bekerja sama dengan merek produk menstruasi asal Swedia, Intima, dengan meluncurkan kampanye terbaru "Seen + Heard".

Hadirnya warna terbaru

Kampanye ini mendorong orang untuk berbicara lebih soal menstruasi. Hal ini menjadi upaya untuk mendorong penggambaran menstruasi yang lebih simpatik dan akurat dalam budaya.

"Terlepas dari kenyataan bahwa miliaran orang mengalami menstruasi, secara historis menstruasi diperlakukan sebagai sesuatu yang tidak boleh dilihat atau dibicarakan secara publik," kata Danela Žagar selaku manajer merek global di Intima.

Pantone Color Institute pun menambahkan bahwa warna "Periode" menjadi simbol warna merah yang percaya diri sebagai pesan pemberdayaan pada perempuan. Rona yang merah yang aktif dan penuh petualangan dinilai dapat membuat orang lebih berani dan merasa bangga dengan dirinya sendiri saat menstruasi.

 

Meningkatkan rasa percaya diri

 
 
 
View this post on Instagram

Presenting “Period”, a new red shade created to break the stigma around menstruation and promote period positivity. Swedish healthcare brand @intimina came to Pantone Color Institute to develop this custom color in support of their global campaign to make menstruation more visible and normalize this most normal of bodily functions. “An active and adventurous red hue, courageous Period emboldens people who menstruate to feel proud of who they are. To own their period with self-assurance; to stand up and passionately celebrate the exciting and powerful life force they are born with; to urge everyone regardless of gender to feel comfortable to talk spontaneously and openly about this pure and natural bodily function.” Pantone Color Institute collaborated with @Intimina on the Seen + Heard campaign to create a red shade that is inspired by a steady menstrual flow. Pantone and Intimina worked alongside a gynecologist and consulted research published in Medical News Today to develop the shade, but by no means is this supposed to be an accurate depiction. Instead, we created a visual identifier of a red shade that would help @Intimina leverage the power of color to share their story.

A post shared by PANTONE (@pantone) on

"Mengalami menstruasi dengan rasa percaya diri; untuk berdiri dan dengan penuh semangat merayakan kekuatan hidup yang menggairahkan dan kuat sejak mereka dilahirkan; untuk mendorong semua orang tanpa memandang jenis kelamin agar merasa nyaman untuk berbicara secara spontan dan terbuka tentang fungsi tubuh yang murni dan alami ini,” kata Laura Pressman, wakil presiden Pantone Color Institute dari Pantone.

Peluncuran warna terbaru ini dibarengi dengan peluncuran lini produk saniter oleh Superdrug. Produk ini ditujukan bagi orang yang sedang menstruasi agar tetap menjaga sanitasi tubuh dengan baik.

Untuk tahu lebih lanjut topik seputar ini, daftarkan dirimu di sini dan dapatkan info terupdate FIMELA FEST 2020. Jangan sampai terlewat ya.

Simak video berikut ini

#changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Sering Migrain di Awal Siklus Mentruasi? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya
Artikel Selanjutnya
4 Makanan yang Harus Dihindari selama Menstruasi