Sukses

Lifestyle

Studi Membuktikan, Ini Manfaat Menyendiri dan Terpisah dari Banyak Orang

Fimela.com, Jakarta Jangan salah mengartikan waktu untuk sendirian dengan merasa kesepian karena maknanya jauh berbeda. Meski dilahirkan sebagai makhluk sosial yang akan selalu membutuhkan manusia lainnya untuk hidup, namun setiap orang juga butuh waktu menyendiri atau me time untuk menyeimbangkan kehidupan.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam New York Times dan dilakukan Thuy-vy Nguyen, seorang asisten profesor psikologi dari Durham University menunjukkan bahwa ia dan timnya memiliki beberapa bukti bahwa waktu menyendiri sebenarnya tidak merusak kehidupan sosial dan bahkan membantu kita mengatur emosi menjadi lebih tenang dan seimbang.

Apalagi untuk orang dengan kepribadian introver, waktu untuk sendirian justru sangat penting dan dibutuhkannya untuk mengembalikan energi dan semangat hidup karena bersama banyak orang dalam jangka waktu lama justru membuatnya kelelahan.

Memilih untuk menyendiri justru baik untuk kesehatan

Memilih menghabiskan waktu melakukan sesuatu sendirian memiliki manfaat untuk kesehatan mental, emosional, dan sosial, tetapi kunci agar bisa mendapatkan manfaat positif tersebut adalah dari dirimu sendiri yang memilih untuk menghabiskan waktu sendirian tersebut.

Ketika kamu berada di suatu tempat sendirian namun sebenarnya ingin bersama banyak orang, di situlah rasa kesepian menggerogoti kesehatan. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa rasa kesepian bukan hanya membuat tubuh rentan jatuh sakit tapi juga memicu depreshi hingga pikiran bunuh diri.

Jadi, jika waktu untuk menyendiri adalah momen yang kamu butuhkan untuk diri sendiri karena merasa jengah dengan keramaian sosial, jangan ragu melakukannya, demi kesehatanmu sendiri, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading