Sukses

Lifestyle

5 Makanan Anti-Dipesan Koki Saat Bersantap di Restoran

Fimela.com, Jakarta Chef tentu menjadi orang yang paling tahu rahasia dapur setiap restoran. Maka saat mereka bersantap di restoran, ada hal-hal spesial yang hanya diketahui para chef.

Salah satunya saat memutuskan untuk memesan menu makanan. Tahukah kamu, ternyata para koki tidak akan memesan 5 makanan ini, jika tidak terpaksa.

Melansir dari rd.com, berikut jenis makanan anti-dipesan para chef saat sedang makan di restoran. Apa saja?

 

1. Menu Spesial

Kebalikan dari kebanyakan orang, jika biasanya kita memesan menu spesial di restoran, para chef justru tidak tertarik untuk mengordernya. Rupanya mereka punya alasan tersendiri, apa ya?

"Beberapa resto membuat menu spesial di hari itu berdasarkan atas apa yang akan kedaluwarsa atau harus dibuang secepatnya. Sebaliknya, mintalah rekomendasi makanan yang dibuat dengan bahan segar yang datang hati itu," ujar Chef Eksekutif Alberto Morreale dari Farmer's Bottega di San Diego.

 

 

2. Anti Pesan Ayam  

 

Rupanya kebanyakan chef hampir tidak pernah memesan menu ayam dari restoran. Sebab biasanya mereka tidak bisa menikmati menu ayam yang kematangan.

"Saya akan memesan menu apa saja selain ayam, karena kebanyakan mereka memasak terlalu matang," ujar Chef Eksekutif The Church Key di West Hollywood.

 

 

3. Kerang

Karena sebagian besar pasar ikan tidak mengirimkan pasokan pada akhir pekan, para chef menghindari makan ikan pada hari Senin. Namun pengecualian jika restoran terletak di dekat pantai atau memang terkenal dengan seafood-nya.

Namun untuk jenis tiram atau kerang, tak usah diperdebatkan. Setidaknya menurut Chef Cordon Bleau-trained Mark Nichols yang memiliki layanan high-end katering. 

"Saya tidak akan memesan tiram mentah jika dipanen lebih dari 100 mil dari resto yang menyajikan. Jika tidak ditangani dan disimpan dengan benar, tiram mentah dapat membunuh kamu," jelasnya.

4. Makanan Porsi Besar

Para chef kembali membagikan pengalamannya dengan rahasia dari restoran penyedia porsi besar. Apalagi jika kamu penyuka makanan dengan bahan makanan segar.

"Saya biasanya menghindari jaringan resto penyedia makanan porsi besar karena biasanya mereka membekukan bahan-bahan sekali atau dua kali seminggu. Sebab mereka harus menyimpan banyak persediaan makanan dan kemungkinan kita tidak mendapat makanan segar," ujar Nichols.

 

 

 

 

 

5. Waspada Roti Scone

Mungkin saat disajikan di meja, roti dalam keranjang dengan mentega manis atau minyak zaitun terasa hangat seperti baru keluar dari oven. Namun kita tidak pernah tahu kelezatan roti itu tak hanya dipenuhi karbohidrat dan kalori, tetapi sidik jari pengunjung yang baru saja pergi. 

Sidik jari yang tertinggal di roti yang tidak disantap pengunjung sebelumnya. Maka sebaiknya berhati-hati sebelum memakannya.

 

Simak Video Berikut

#ChangeMaker 

Loading
Artikel Selanjutnya
Rawon Dinobatkan sebagai Sup Terenak di Seluruh Asia