Sukses

Lifestyle

4 Kesalahan Utama yang Membuat Bolu Kukus Tidak Mengembang

Fimela.com, Jakarta Jika membuat bolu kukus, terkadang orang mengalami banyak kegagalan, salah satunya adalah bolu kukus yang tidak mengembang atau mekar dengan sempurna. Meskipun terkesan mudah ternyata ada bberapa kesalahan yang bisa terjadi hingga bolu kukus tidak mengembang. Ini dia kesalahan tersebut.

1. Pakai bahan yang tidak segar

Penting sekali memastikan menggunakan bahan-bahan yang masih baru atau segar sehingga kualitas adonan juga baik. Ketika menggunakan bahan-bahan lama, entah itu tepung, telur, bahan pengembang atau yang lainnya, ada kemungkinan sudah tidak aktif atau kedaluwarsa.

2. Bahan tidak suhu ruangan

Beberapa orang menyimpan mentega atau margarin, susu dan telur di dalam kulkas. Perbedaan suhu pada bahan yang digunakan sangat berpengaruh pada hasil bolu kukus. Ketika langsung digunakan akan sulit mengembang dan menghasilkan bolu kukus yang mengembang sempurna.

3. Panci kukus belum panas

Jika menggunakan kukusan yang belum panas dan beruap benar, bukan hanya bolu kukus akan mengembang lebih lama, tapi juga ada kemungkinan bolu tidak mengembang sama sekali. Akhirnya bolu bantet. Meskipun masih tetap enak dimakan tapi jadi padat tidak sesuai harapan.

4. Terlalu sering membuka panci kukus

Meskipun penasaran, akan lebih baik tidak sering membuka panci kukusan. Cukup buka sekali ketika sudah yakin sudah matang dan mengembang. Udara panas yang seharusnya memasak adonan bolu jadi keluar dan harus mulai dari awal. Akhirnya bolu kukus tidak jadi mengembang.

Itu dia sekian kesalahan utama sehingga membuat bolu kukus tak bisa mengembang dengan indah saat dimasak. Jadi, usahakan tidak melakukan sekian kesalahan di atas ya.

#ChangeMaker with FIMELA

Loading