Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Pria Melakukan Kekerasan pada Pasangan

Fimela.com, Jakarta Selama ini kita bisa jadi hanya berfokus pada bentuk kekerasan yang dialami oleh perempuan tanpa mencoba menggali alasan mengapa pria bisa berlaku kasar kepada pasangannya. Padahal pria juga pasti punya alasan mengapa mereka bisa melakukan kekerasan pada pasangannya.

Hal ini bukan berarti kekerasan atau korban dari perempuan itu tidak penting tetapi akan menjadi lebih adil ketika kita juga bisa melihat dari dua sisi sehingga penilian akhir terhadap masalah kekerasan ini bisa lebih objektif dan berimbang. Perlu diketahui bahwa terkadang sikap perempuan sendiri juga menjadi alasan mengapa pasangannya bisa berbuat kasar.

Lebih dari fenomena ‘blaming victim’ pada posisi ini kita harus mau berpikiran secara jujur dan terbuka bahwa pria juga bisa menjadi korban. Adanya stigma bahwa pria selalu lebih superior dibanding perempuan membuat banyak orang terlalu menyalahkan pihak pria.

Kekerasan terhadap perempuan dalam bentuk apapun tidak bisa dibenarkan, namun alangkah lebih bijak jika kita tahu penyebabnya. Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab pria melakukan kekerasan pada pasangan. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Terlalu Mencintai Pasangan

Penyebab pertama pria melakukan kekerasan pada pasangannya ialah karena pria tersebut terlalu mencintai pasangannya. Mungkin terdengar aneh tetapi alasan ini memang benar adanya. Pria bisa melakukan apa saja demi memertahankan orang yang dicintainya termasuk dengan melakukan kekerasan.

Mungkin akan ada rasa bersalah tetapi bisa jadi pria tersebut tidak memiliki cara lain kecuali dengan melakukan kekerasan. Namun sebagai perempuan, kamu tetap harus waspada dan berhati-hati karena rasa cinta yang melahirkan kekerasan bisa jadi adalah awal mula pertanda bahwa secara psikologis ada sesuatu yang salah dengan pihak pria.

Memiliki Keinginan Kuat untuk Mengendalikan Pasangan

Berikutnya, penyebab kedua mengapa pria bisa melakukan kekerasan pada pasangannya ialah karena dalam diri pria terdapat keinginan yang kuat untuk mengendalikan pasangannya. Biasanya hal ini terjadi karena dua hal. Bisa dikarenakan rasa kepercayaan diri pria yang rendah dan juga terlalu tinggi.

Ketika tidak berhasil mengendalikan pasangannya, pria akan merasa terkalahkan lalu muncul egonya untuk melakukan kekerasan agar pasangannya mau tunduk dan mengikuti apa yang dikatakan. Tentu saja hal ini tidak bisa dibenarkan, apapun alasannya, karena itu berarti kamu sedang berpasangan dengan orang yang toxic.

Pengendalian Emosi yang Buruk

Penyebab ketiga mengapa pria bisa melakukan kekerasan pada pasangannya ialah karena sebenarnya pria tersebut tidak memiliki pengendalian emosi yang baik sehingga emosinya meledak-ledak dan hanya bisa dituntaskan jika sudah melakukan kekerasan. Beberapa orang dengan pengendalian emosi yang buruk berpendapat bahwa kekerasan adalah jalan untuk mengeluarkan segala penat.

Tentu saja hal ini tidak baik dan juga tidak bisa dibenarkan dengan alasan apapun karena hal itu berarti bahwa kekerasan adalah bagian dari kepribadiannya. Jika pasanganmu memiliki sifat seperti ini, sebaiknya kamu waspada dan lebih baik menjauh karena sifatnya bisa berbahaya bagi keselamatanmu.

Merasa Pasangannya Tidak Mampu Membalas dan Lemah

Keempat, penyebab mengapa pria melakukan kekerasan pada pasangannya ialah karena ia berpikir bahwa pasangannya lemah dan tidak akan bisa membalas perbuatannya sehingga ia merasa leluasa untuk melakukan kekerasan berkali-kali. Jika sudah memiliki cara berpikir seperti ini, itu tandanya pria tersebut tidak mencintaimu, melainkan mendapatkan kesenangan karena kamu tidak berani membalas perbuatannya.

Hal ini tandanya sebagai perempuan, kamu tidak boleh diam saja dan membiarkan kekerasan terjadi padamu berkali-kali. Meskipun secara fisik bisa jadi perempuan tidak sekuat pria tetapi sebenarnya perempuan punya banyak cara untuk membalas dan menghentikan kekerasan yang terjadi padanya. Bisa dengan meminta bantuan orang lain atau melaporkannya kepada komunitas dan badan perlindungan terkait.

Pengaruh Lingkungan dan Trauma Masa Kecil

Terakhir, penyebab kelima mengapa pria melakukan kekerasan pada pasangannya ialah karena pengaruh lingkungan dan trauma masa kecil yang pernah dialaminya di masa lalu. Untuk hal yang ini sebenarnya kamu tidak bisa menyalahkan pria sepenuhnya karena masa lalunya sudah terjadi dan tidak bisa diubah.

Namun, kamu bisa merubah trauma dan lingkungannya menjadi lebih baik agar pasanganmu terlepas dari semua luka lama dan akhirnya bisa berubah. Hal yang perlu diingat adalah untuk merubah trauma dan masa lalu yang buruk itu membutuhkan waktu dan kesabaran.

;
Loading