Sukses

Lifestyle

5 Cara Sehat Memasak Brokoli yang Baik agar Gizinya Tidak Hilang

Fimela.com, Jakarta Belum banyak yang tahu brokoli adalah salah satu jenis sayur yang paling sehat. Antioksidan yang terkandung di dalam brokoli menjadi nutrisi andalan dan banyak disarankan untuk dikonsumsi setiap hari, baik untuk para perempuan maupun orang pada umumnya.

Namun seringkali orang tak tahu bahwa terkadang cara memasak juga bisa menghilangkan gizi tertentu di dalam makanan, tidak terkecuali untuk brokoli. Ada beberapa cara terbaik memasak brokoli yang sehat sehingga mampu memaksimalkan gizi yang bisa didapat tubuh.

1. Rebus

Merebus adalah cara paling umum digunakan untuk memasak brokoli. Tidak perlu terlalu lama, cukup hingga warna brokoli lebih pekat namun masih cerah. Caranya, memasukkan brokoli ke dalam panci berisi air mendidih, ditambah sedikit garam. Biarkan hingga mendidih sekitar 1-1,5 menit kemudian angkat dan tiriskan. Makan selagi hangat atau bisa juga dicuci dengan air es agar menghentikan proses pemasakannya agar brokoli tidak overcook.

2. Kukus

Ingin lebih sehat? Panaskan kukusan dan kukus brokoli yang sudah dipotong dan dicuci bersih. Seperti merebus, jangan mengukus brokoli terlalu lama, ukup hingga warna brokoli lebih pekat namun masih cerah agar gizinya tidak hilang.

3. Masak microwave

Jika kebetulan punya microwave, alat ini juga bisa digunakan untuk memasak brokoli. Cukup masukkan brokoli yang sudah dipotong-potong dan dicuci bersih ke dalam mangkuk tahan panas. Masak selama 3-4 menit dan sajikan. Gizi brokoli akan tetap terjaga tanpa tambahan apa pun.

4. Tumis

Cara menumis memang tergolong kurang sehat dibanding cara lainnya, namun tetap lebih baik daripada kamu langsung menggoreng brokoli ke dalam minyak panas dengan balutan tepung. Teknik menumis juga lebih baik dalam menjaga kandungan gizi brokoli karena memasak sayuran dalam waktu sebentar.

5. Panggang oven

Punya oven dan ingin memasak brokoli dengan cara yang berbeda? Kamu bisa memanggang brokoli dengan oven menggunakan suhu 100 derajat celcius selama 5-10 menit hingga brokoli renyah dan matang.

Itu dia sekian cara sehat memasak brokoli agar gizinya tidak hilang. Semoga bermanfaat.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading