Sukses

Lifestyle

Ukuran Celana Mengecil Tapi Berat Badan Tidak Turun? Ini Alasannya

Fimela.com, Jakarta Jika ingin menurunkan berat badan, banyak orang tentu sudah paham apa yang harus dilakukan, mulai dari diet makan makanan sampah hingga olahraga teratur. Tapi pernahkah kamu menyadari bahwa dengan makan makanan sehat dan olahraga teratur ternyata mampu membuat tubuhmu langsing. Tapi mengapa timbangan berat badan tidak turun ya?

Kelihatannya kamu agak kurusan karena celana yang dulu sempit sekarang jadi pas di badan. Tapi setelah menimbang berat badan, kok tetap? Nggak ada yang berubah, berat badanmu sama seperti sebelum-sebelumnya, atau bahkan justru lebih berat.

Jangan buru-buru kecewa dan khawatir, karena ternyata hal ini sangat wajar terjadi dan bahkan merupakan tanda tubuhmu dalam kondisi sangat sehat. Dilansir dari Healthline, hal ini terjadi karena kamu mengalami kehilangan lemak tubuh dan meningkatkan massa otot.

Tubuh ramping tapi berat badan tetap, ini alasannya

Massa otot secara umum memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan massa lemak sehingga sangat wajar jika tubuh menjadi lebih ramping namun berat badan tetap atau justru sedikit bertambah. Orang dengan berat badan yang sama, bisa memiliki bentuk tubuh yang berbeda karena rasio massa otot dan lemaknya berbeda.

Rasio massa otot yang lebih tinggi dibanding lemak menunjukkan bahwa tubuh lebih sehat dan umumnya ukuran baju juga lebih kecil karena tubuh lebih ramping.

Ketika bicara tentang penurunan berat badan, masih banyak orang masih salah mempercayai bahwa gemuk hanya dilihat dari berat badan, padahal tidak semua orang dengan angka timbangan besar dikatakan gemuk. Lihat saja binaragawan atau atlet, berat badan mereka bisa saja mencapai 70 hingga 80 kg, tapi apakah mereka dikatakan gemuk? Orang akan bilang, mereka sehat.

Hal ini sangat mungkin karena massa otot mereka lebih banyak daripada massa lemaknya. Dan ketika kamu rajin olahraga, lemak tubuh akan dibakar. Sebagai gantinya, tubuh akan melatih dan mengembangkan otot, kemudian membuat tubuhmu lebih ramping, kencang dan padat. Hal ini lebih baik daripada kurus tapi tak punya otot tubuh. Akibatnya, tubuh akan mudah lelah, lemas dan kurang kuat.

Penting sekali mengetahui bahwa berat badan bukan ukuran seseorang dikatakan gemuk atau kurus. Sebaliknya, komposisi tubuhlah yang seharusnya jadi patokan karena masa otot yang besar dengan perbandingan lemak tubuh yang kecil akan lebih baik dibanding dengan lemak yang banyak dan otot yang sedikit.

Jadi jangan heran jika ukuran celana atau baju jadi mengecil tapi berat badan tetap, karena ternyata kamu hanya sedang kehilangan lemak tubuh dan digantikan dengan otot tubuh yang sehat.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading