Sukses

Lifestyle

Mewujudkan Kesetaraan Gender, Ini Makna Hari Kartini di Mata Perempuan Hebat Indonesia

Fimela.com, Jakarta Dalam memperingati hari Kartini yang jatuh pada hari ini, tanggal 21 April 2021, Liputan6.com menggelar acara untuk mengapresiasi perempuan hebat Indonesia. Dalam acara Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021 dengan tema Tetap Hebat di Masa Pandemi, telah dihadiri pejabat dan perempuan hebat Indonesia.

Sambutan hangat telah disampaikan dari Ibu I Gusti Bintang selaku Menteri PPPA RI. Dalam acara tersebut juga terdapat talk show yang dipimpin oleh Hasto Wardoyo selaku Kepala BKKBN sebagai moderator serta beberapa narasumber seperti Ibu Handayani selaku Direktur Konsumer BRI, Irene Sukandar selaku Women Grandmaster, Andien sebagai ibu muda dan selebritas, dan Hanindya sebagai penyanyi dan milenial.

Dalam talk show tersebut telah disampaikan dari beberapa narasumber tentang peringatan hari Kartini. Menurut Ibu Handayani, kita beruntung telah memiliki ibu Kartini, karena dengan perjuangannya, perempuan Indonesia memiliki hak yang sama dengan laki-laki. Kita sebagai perempuan harus memiliki pengetahuan yang luas untuk berbicara. Selain itu kita sebagai perempuan juga harus memiliki mindset yang positif. Kita sebagai perempuan juga harus saling mendukung dan mendorong perempuan Indonesia untuk mencapai tujuannya. Menurutnya, perempuan dan pria seharunya mampu menjadi partner yang saling melengkapi seperti layaknya garpu dan sendok yang duduk bersama.

Makna Hari Kartini Bagi Perempuan Hebat Indonesia

Sedangkan menurut Irene, makna dari hari Kartini itu sendiri adalah menyarakan kesetaraan gender baik dari pendidikan atau lainnya. Kita sebagai perempuan juga perlu untuk mendapatkan pendidikan yang layak untuk mencapai prestasi. Ia juga mendapatkan dukungan penuh dari kedua orangtuanya tentang edukasi dan tidak membedakannya dengan sodara laki-lakinya.

Dalam kesempatan ini Andien sebagai selebritas dan juga ibu muda menyampaikan bahwa hari Kartini bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga memaknai tujuan dari Kartini untuk memperjuangkan emansipasi wanita. Perempuan merupakan pilar dalam sebuah keluarga. Perempuan yang bisa mengasuh keluarganya adalah perempuan yang bisa mengasuh dirinya sendiri. Ketika ia berhasil dalam mengasuh dirinya sendiri, dia pasti akan berhasil dalam mengasuh keluarganya.

Sebagai perempuan yang juga calon ibu bagi anak-anak kelak, kita sebagai perempuan juga harus bisa menjaga kesehatan dengan makanan yang sehat. Makanan yang dimaksud adalah bukan hanya makanan yang dikonsumsi untuk tubuh, tetapi juga segala informasi yang telah kita dapatkan. Ketika kita bisa memilah dan memilih informasi tersebut dengan sehat, kita akan memiliki tubuh dan pikiran yang sehat pula. Karena ibu yang sehat akan melahirkan anak yang sehat.

Makna Hari Kartini Bagi Generasi Milenial

Sebagai seorang generasi milenial, Hanin sebagai seorang penyanyi juga memberikan tanggapan tentang hari Kartini. Baginya hari Kartini adalah sebagai penghargaan bagi perempuan untuk mengenang ibu Kartini. Dalam hal ini, setiap perempuan berhak untuk mendapatkan hak mereka unttuk berkarier dan lainnya tanpa harus melupakan kodratnya sebagai seorang perempuan.

Dalam acara tersebut ada banyak hal yang dapat kita petik dari perjuangan R.A. Kartini. Kita harus senantiasa saling mendukung perempuan yang ada di Indonesia untuk bangkit dan maju. Peran perempuan sangat besar dalam membantu menciptakan generasi yang lebih baik.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading