Sukses

Lifestyle

4 Perempuan Indonesia yang Berkreasi dan Membawa Perubahan

Fimela.com, Jakarta Peran perempuan seringkali terkungkung karena harus memenuhi ekspektasi dan tuntutan sosial. Padahal pada kenyataannya, seorang perempuan juga memiliki kekuatan dan potensi tak terbatas yang bisa membawanya menciptakan perubahan besar dan memberikan dampak positif bagi masyarakat luas.

Perempuan-perempuan hebat di bawah ini pun mampu berpikir kreatif untuk membawa perubahan kepada diri sendiri, keluarga, hingga masyarakat. Dengan begitu perempuan dapat menunjukan jika dapat melakukan segala apapun tanpa terkendal gender yang kini masih menjadi isu kesetaraan gender.

Siapa saja keempat perempuan tersebut? Simak ulasannya. 

 

1. Rahne Putri, Digital Marketer

Menurut Rahne Putri, seorang digital marketer yang sehari-harinya menjalankan multi peran sebagai seorang ibu, istri, dan putri dari kedua orang tuanya, perempuan mempunyai hak yang sama untuk menemukan kebahagiaan sebagai seorang individu. Penulis buku yang kini tidak lagi malu menyandang predikat sandwich generation ini mengaku bangga dapat membahagiakan diri sendiri dan menjalankan peran yang diinginkan. Namun demikian, Rahne perlu melalui pergumulan batin yang panjang untuk menyadarinya.

“Saya menemukan kebahagiaan seutuhnya ketika saya akhirnya mau mengenali diri dan merangkul segala hal yang baik maupun buruk sebagai individu. Saya juga selalu berkaca pada diri sendiri ketika menjalani battle hidup saya,” tutur Rahne dalam acara PechaKucha Jakarta Volume 43 bertema “Because She Cares”, yang diselenggarakan oleh konsultan komunikasi Maverick Indonesia. 

2. Jenahara Nasution, Perancang Busana

Seorang perancang busana muslim, Jenahara Nasution. Ia selalu memberikan dirinya waktu untuk mengenali potensi diri dan mendengar kata hati untuk bisa berkembang secara mandiri.

Merek mode kenamaan Jenahara adalah bukti kerja keras dan dedikasinya untuk melestarikan warisan keluarga sebagai perancang busana hingga panggung internasional. Jenahara kini berhasil melebarkan pengaruhnya di dunia busana wanita muslim Indonesia hingga ke negara-negara pusat mode dunia, seperti Hongkong, Seoul, Tokyo, Moskow, Melbourne, dan London. 

3. Swietenia Puspa Lestari penggiat lingkungan

Swietenia Puspa Lestari juga telah membawa nama Indonesia ke kancah internasional atas kontribusinya pada lingkungan. Pecinta scuba diving ini berhasil menghimpun ribuan relawan untuk bersama memerangi masalah sampah laut. 

“Mulailah dari hal kecil yang kalian bisa dan suka lakukan. Dengan begitu, pintu menuju kesempatan yang lebih besar akan terbuka untuk meraih hal yang kalian anggap penting,” tutur Swietenia dalam memberikan motivasi.

Keteguhan dan komitmen Tenia bersama Divers Clean Action (Yayasan Penyelam Lestari Indonesia) membawanya meraih berbagai penghargaan internasional, seperti Obama Leaders Asia-Pacific 2019, Top 100 Inspiring & Influential Woman BBC 2019, dan 30 Under 30 Forbes Social Enterprise Asia 2020.

3. Tety Sianipa

Kisah lain yang membuktikan pentingnya kepedulian seorang perempuan terefleksi pada perjalanan sosial seorang pejuang inklusivitas, Tety Sianipar. Mantan programmer ini menyayangkan stigma masyarakat yang kerap mengidentikkan penyandang disabilitas dengan beberapa profesi tertentu. Berangkat dari kepedulian inilah, Tety Sianipar bersama kedua temannya mendirikan Kerjabilitas, layanan yang berperan untuk menghubungkan penyandang disabilitas dengan dunia kerja yang layak.

“Sudah seharusnya kesempatan dan kesetaraan kaum difabel untuk penghidupan yang layak mendapatkan perhatian dari masyarakat. Namun, di saat opsi profesi seorang tuna netra hanya menjadi tukang pijat, atau tuna daksa menjadi pengemis, ini menjadi permasalahan besar yang perlu segera kita selesaikan,” ujar Tety menceritakan kepeduliannya terhadap isu inklusivitas.

Kini, lebih dari 12.000 penyandang disabilitas pencari kerja memiliki kesempatan untuk menikmati kehidupan yang lebih sejahtera. Kerjabilitas berhasil menggaet hingga 2.500 perusahaan di Indonesia menjadi semakin peduli dengan potensi dan kemampuan yang ada di antara semua keterbatasan kaum difabel. 

Tety juga berhasil mengantongi beberapa penghargaan internasional, di antaranya adalah Women of the Year 2019 Her World Magazine, Awardee Jolkona Catalyst Programme, dan 99 Most Inspiring Women: Globe Asia Magazine.

Maverick Indonesia telah menyelenggarakan PechaKucha Night Jakarta sejak tahun 2009. Maverick ingin terus menjalankan peran untuk turut menjaga sekaligus menginspirasi komunitas kreatif dari berbagai bidang khususnya di Jakarta dan sekitarnya. 

#elevate women

Loading
Artikel Selanjutnya
Diary Fimela: Kisah Perjalanan Febrian Nurvianti Hijaber Luxury Place Reviewer Pertama di Indonesia
Artikel Selanjutnya
5 Perhiasan yang Terinspirasi dari Destinasi Wisata Indah di Indonesia