Sukses

Lifestyle

Tips Menjaga Kebersihan Diri di Era Pandemi dari Praktisi Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Sudah lebih dari satu tahun pandemi COVID-19 melanda dunia dan esadaran akan menjaga kebersihan tentu harus semakin ditingkatkan. Walaupun penularan utama virus corona diperkirakan terjadi antar manusia, kebersihan diri dan lingkungan terutama rumah kita adalah faktor penting yang harus diperhatikan.

“Kebersihan bukan hanya menjaga keluarga dari COVID-19 tetapi juga dari penyakit lainnya. Dengan menegakkan protokol kesehatan dan menjaga kebersihan, maka tingkat penularan virus di Indonesia akan menurun. Jadi tidak ada salahnya kita memperketat kebersihan diri kita,” ujar praktisi kesehatan dr. Fala Adinda, dalam konfrensi pers virtual Maxkleen, Jumat (30/04/2021).

Untuk menjaga kebersihan sebenarnya tidak sulit. Bahkan, dapat dilakukan sesederhana membersihkan alat rumah tangga dan pakaian kita sendiri. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kebersihan seperti yang dibagikan oleh Fala.

1. Membersihkan diri setelah keluar rumah

Meski masyarakat diimbau agar tetap berada di dalam rumah, ada kalanya beberapa dari kita masih harus ke luar rumah untuk alasan mendesak tertentu. Oleh karena itu membersihkan diri merupakan hal mutlak yang harus dilakukan.

Tidak hanya melindungi diri kita dari virus corona, membersihkan diri dapat melindungi kita dari berbagai penyakit lainnya.

“Hal-hal sederhana seperti melepas sepatu di luar, mandi, mengganti pakaian, dan mencuci pakaian setelah bepergian itu penting dan mutlak harus dilakukan,” tutur Fala.

2. Lakukan disinfeksi pada permukaan benda

Meskipun rumah sudah dibersihkan secara rutin, terkadang permukaan benda yang paling sering disentuh seperti gagang pintu, meja, dan kursi luput dari perhatian. Padahal kuman dan bakteri yang menempel bisa membahayakan keluarga kita.

Agar kebersihan lebih optimal, Fala menyarankan untuk memberikan disinfektan pada permukaan benda yang kerap kali kita sentuh.

 

 

3. Rutin membersihkan masker kain

Masker merupakan pertahanan paling utama dan krusial untuk menjaga diri kita agar terhindar dari penularan virus. Oleh sebab itu, masker kain harus dibersihkan secara rutin.

“Pemilihan deterjen juga harus diperhatikan. Gunakan deterjen yang mengandung anti bakteri untuk memberikan proteksi yang maksimal,” kata Fala.

4. Mengganti deterjen dengan kandungan anti bakteri

Mencuci pakaian tidak boleh sembarangan di tengah COVID-19, sebab terdapat potensi sarana penyebaran penyakit.

“Penting sekali mengganti deterjen dengan kandungan anti bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab penyakit,” kata Fala.

“Tambahan-tambahan itu pasti membuat proteksinya menjadi lebih baik.” lanjutnya.

Maxkleen Liquid Detergent

Salah satu deterjen yang efektif membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit seperti S. aureus, P. aeruginosa, E. coli dan E. hirae yang menempel pada pakaian, ada pada varian terbaru Maxkleen Liquid Detergent.

Deterjen cair dengan formula Anti Bacterial Agent ini terbukti efektif untuk membunuh kuman yang melekat di pakaian, serta diformulasikan secara khusus agar tidak terasa panas, ramah di kulit, dan lembut di pakaian.

“Kandungan Anti Bacterial Agentnya terbukti mampu membunuh kuman dan bakteri hingga 97,8 persen," ujar Ni Made Sri Andani, Marketing Director Wipro Unza Indonesia.

Maxkleen Liquid Detergent terdiri dari dua varian, yaitu Color Protection dan Anti Odor. Varian Anti Odor (Bau) hadir dengan kandungan Malodor Control yang efektif untuk membersihkan pakaian dari bau sekaligus melindunginya.

Sedangkan varian Color Protection hadir dengan kandungan Optical Brightener yang efektif untuk memelihara warna pakaian, serta membuat pakaian putih tampak lebih cemerlang.

Maxkleen sendiri merupakan brand homecare internasional yang terpercaya di banyak negara Asia seperti Malaysia, Vietnam, dan negara lainnya. Selain Liquid Detergent Agent, Maxkleen juga menyediakan Home Disinfectant dalam beragam variasi di antaranya All in One Liquid, Air & Surface Sanitizer, dan Multi purpose Disinfectant Eucalyptus.

 

*Penulis: Hilda Irach.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading