Sukses

Lifestyle

Ada 5 Stadium Kanker Payudara yang Harus Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling ditakuti oleh seluruh wanita di dunia ini. Namun, sayangnya, memang masih banyak wanita yang belum mengetahui 5 stadium kanker payudara.

Ya, bicara kanker kita pastinya akan bicara soal stadium atau ukuran kanker, di mana, dan sampai sejauh mana kanker tersebut telah menyebar pada tubuh si penderita. Dan berikut ini adalah 5 stadium kanker yang wajib kamu ketahui.

Stadium 0. Beberapa sel yang abnormal masih sedikit terlihat di kelenjar payudara atau pada saluran ductus. Namun, hal inilah yang harus diwaspadai karena bisa berisiko berkembang jadi kanker.

Stadium 1. Ukuran tumor kurang dari 2 cm. Dalam stadium ini sel tumor belum merambah kemana-mana, itu artinya tumor masih berada di satu titik. Kalaupun merambah biasanya hanya sekitar bagian ketiak saja. Kalau tumor berada di kiri, maka proyeksi rambahannya pasti akan menuju getah bening ketiak kiri, begitupun sebaliknya.

Kamu Harus Tahu Ini Dia 5 Stadium Kanker Payudara | via: i.huffpost.com

Stadium 2. Ukuran tumor biasanya sudah mencapai 2 cm sampai 5 cm. Pada stadium ini kanker sudah menyebar hingga ke kelenjar getah bening yang berada di bawah lengan.

Stadium 3. Pada stadium 3 atau yang biasa disebut dengan stadium lanjut ukuran tumor lebih dari 5 cm dan sudah menyebar hingga ke kelenjar getah bening di bawah lengan. Tidak hanya itu, kanker juga sudah menyebar di dekat tulang payudara atau jaringan lain di lebih kurang payudara.

Kamu Harus Tahu Ini Dia 5 Stadium Kanker Payudara | via: healthfirstandweightloss.com

Stadium 4. Pada stadium ini, sel kanker sudah menyebar ke organ tubuh lain, seperti paru-paru, tulang, kulit, hati, dan otak. Kanker payudara yang sudah memasuki stadium 4 sangat membutuhkan penanganan dan perawatan yang khusus. Pada tahap inilah perawatan paliatif atau perawatan interdisipliner yang berfokus pada pasien penyakit serius atau mengancam jiwa ini sangat dibutuhkan.

Itulah penjelasan singkat mengenai 5 stadium kanker payudara yang wajib kamu ketahui. Ingat, kanker payudara tidah hanya dapat menyerang para wanita saja, karena para pria juga bisa terkena kanker payudara.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading