Sukses

Lifestyle

Jangan Sampai Tak Tahu 5 Fakta Tentang Puting Payudara

Fimela.com, Jakarta Jadi salah satu bagian pribadi, berbagai hal tentang puting payudara penting untuk diketahui, terlebih bagi para kaum hawa. Pernahkah melihat putingmu dan bertanya-tanya apakah itu normal? Well, puting memang punya berbagai bentuk, serta perbedaan di aspek ukuran. Tak hanya sebagai 'pelengkap' bentuk payudara, puting juga punya manfaat lain.

Sebut saja jadi satu organ yang membantu ibu menyusui buah hati. Namun, puting juga bisa memberi masalah kesehatan yang terbilang serius. Secara keseluruhan, puting ini punya peran penting bagi seseorang. Karenanya, kamu harus simak berbegai fakta tentang puting berikut ini.

Punya berbagai warna. Tak ada satu indikasi yang menunjukkan kesehatan puting berdasarkan warnanya. Berbicara tentang puting, maka ada beberapa jenis warra, di antaranya merah mudah pucat, merah bata, maupun cokelat gelap. Pigmen yang terdapat di puting biasanya sesuai dengan warna kulit maupun gen bawaan dari orang tersebut.

Fakta puting payudara yang harus kamu ketahui. | via: skyandsand.tumblr.com

Bagian sensitif bagi perempuan. Salah satu penelitian yang dipublikasi oleh Journal of Sexual Medicine di tahun 2011 mengatakan kalau puting bisa jadi salah satu bagian tubuh yang bisa merangsang hormon seksualitas perempuan. Penelitian tersebut juga menemukan ketika puting sudah tersangsang, maka bagian seksualitas yang lain pun akan selaras dengan puting tersebut.

Fakta puting payudara yang harus kamu ketahui. | via: wheretoget.it

Jumlahnya tak selalu dua. Tentu bukan hal yang lumrah ketika ada perempuan maupun laki-laki yang lahir dengan jumlah puting lebih dari dua. Salah satu penelitian di tahun 2012 menemukan kalau ada beberapa orang yang punya puting tiga, empat, lima, bahkan tujuh. Menurut National Institutes of Health, puting kedua, ketiga, dan seterusnya tak pernah jadi 'pusat' payudara. Bahkan, puting tersebut bisa muncul di bagian tubuh selain payudara.

Fakta puting payudara yang harus kamu ketahui. | via: Shutterstock

Permukaan puting seharusnya bergelombang. Coba kamu lihat lebih dekat ke arah puting milikmu, pola bergelombang pasti akan nampak di hampir seluruh bagian. Bukan tanpa alasan, pola tersebut jadi 'rumah' bagi pori-pori, maupun kelenjar minyak. Ketika sudah ada ruam merah di puting, sebaiknya langsung periksakan ke dokter, karena itu bisa jadi salah satu dari banyak ciri-ciri ketika seseorang terserang kanker payudara.

Fakta puting payudara yang harus kamu ketahui. | via: wheretoget.it

Puting tak terlalu 'suka' ketika kamu berolahraga secara berlebihan. Olahraga bisa jadi satu kegiatan yang menyehatkan bagi tubuh. Namun, kegiatan tersebut bisa membuat puting jadi mengeras. Keadaan tersebut membuatnya jadi kering, lecet, bahkan luka ketika bergesekan dengan bra olahraga yang dikenakan. Mengoleskan minyak zaitun bisa jadi satu cara untuk mengindari hal itu terjadi ketika berolahraga.

Fakta puting payudara yang harus kamu ketahui. | via: wheretoget.it

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading