Sukses

Lifestyle

Curahan Hati Susi Pudjiastuti tentang Kondisi Laut Indonesia

Fimela.com, Jakarta Visi Susi Pudjiastuti untuk mengembalikan kejayaan bangsa sebagai negara kepulauan memukau mata peserta The Women Leader Forum 2016 di Singapura. Pasalnya kisahnya memberantas tindak pencurian ikan ilegal di perairan Indonesia begitu menginspirasi.

Seperti yang diwartakan Liputan6, dalam acara yang diselenggarakan The Economist, Susi bercerita mengenai perannya yang masuk di pemerintahan Kabinet Kerja. Wanita ini merasa sangat bangga karena Presiden Jokowi memercayakan sektor kelautan dan perikanan. Hal tersebut dikarenakan posisi tersebut sangat melekat pada lelaki.

Menteri Susi Pudjiastuti (Liputan6.com/JohanTallo)

Sudah lebih dari setahun, Menteri Susi sakan berlari cepat untuk membenahi sektor Kelautan dan Perikanan Ibu Pertiwi. Ia pun merasa kecewa, karena Indonesia hanya menempati posisi ketiga di asia sebagai eksportir produk perikanan meski miliki luas laut 95.181 kilometer ditambah dengan potensi ikan yang banyak.

Strategi yang paling fenomenal yang pernah dibuat wanita kelahiran 15 Januari 1965 ini adalaah memberantas Illegal, Unreported dan Unregulated (IUU) Fishing, seperti menggagalkan pencurian ikan, penyelundupan ekspor dan impir hingga menenggelamkan kapal yang sukses dan membuahkan hasil.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti | Via: liputan6.com

Sesi interaktif dengan peserta yang mayoritas perempuan pun terjadi. Menteri Susi sendiri menekankan bahwa permasalahan yang kerap dihadapi oleh wanita adalah kurangnya pendidikan dan pelatihan. "Padahal pendidikan sangat penting bagi seorang wanita untuk meraih kesuksesan," ujar Susi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading