Sukses

Lifestyle

Mitos Wanita Lebih Lemah di Bidang Matematika, Benar Nggak ya?

Ladies, jika Anda ingat dengan baik, pelajaran apa yang paling Anda sukai ketika masih duduk di bangku sekolah dasar? Siapakah teman Anda yang paling pintar matematika Ladies? Laki-laki atau perempuan? Kemudian ketika beranjak ke sekolah menengah hingga tingkat kuliah, siapakah teman yang paling pandai matematika? Jika Anda heran mengapa kebanyakan laki-laki yang lebih menguasai matematika sebaiknya Anda simak info berikut ini.

Dilansir dari jezebel.com, Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) melakukan penelitian dengan mengumpulkan data perbedaan gender terhadap ketrampilan, status perekonomian, pekerjaan, dan gaji. Selain itu OECD juga memperhitungkan persepsi diri setiap gender dalam ketrampilan matematika. Ladies, di Negara Jordan, Qatar, dan Arab anak laki-laki memiliki kecenderungan yang sangat kecil untuk merasa nyaman bekerja di bidang yang berkaitan dengan matematika. Sedangkan di negara lain, anak perempuan kebanyakan merasa tidak berdaya menghadapi soal matematika. Dari tes matematika yang dilakukan, hasilnya golongan wanita memiliki nilai lebih rendah dibandingkan dengan laki-laki.

Menurut penelitian hal ini disebabkan berkembangnya stereotip di berbagai negara berkembang di mana wanita lebih diarahkan untuk mengambil pekerjaan yang lebih mudah seperti pendidikan, kesehatan, dan humaniora. Namun yang menarik, di negara konservatif seperti Meksiko dan Turki, wanita justru kebanyakan memiliki pekerjaan yang sangat erat kaitannya dengan matematika. Namun seperti di Norwegia, meskipun terdapat ketetapan bahwa jatah untuk eksekutif wanita sebanyak 40 persen, tidak serta merta negara ini menjalankan hal yang sudah disepakati tersebut. Norwegia sendiri terkenal sebagai negara yang kejam di bidang bisnis , jika perusahaan tidak mengikuti apa yang diinginkan negara maka perusahaan tersebut harus ditutup. Selanjutnya program OECD berusaha melakukan pengembangan untuk mendukung lebih banyak terhadap kaum wanita secara efektif di bidang matematika yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan dan materi pendidikan.

Ladies, mulai sekarang jangan malu lagi untuk menguji kemampuan matematika Anda dan bersaing dengan pria.

(vem/hyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading