Sukses

Lifestyle

Serba-Serbi Tentang Wajan Anti Lengket Yang Perlu Anda Tahu

Salah satu peralatan memasak yang banyak digunakan adalah wajan anti lengket. Meskipun tanpa menggunakan minyak, wajan anti lengket dapat memasak makanan dengan baik tanpa gosong. Apakah Anda juga biasa menggunakan wajan anti lengket di rumah? Jika ya, Anda perlu membaca artikel ini, Ladies,

Wajan anti lengket dibuat menggunakan bahan PFOA (asam perfluorooctanic atau disebut C8), suatu senyawa kimia sintetis. Selain itu ada juga bahan fluoropolymer yang membuat permukaan wajan menjadi licin dan anti lengket. Produk yang menggunakan bahan ini belum pernah dilaporkan menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh. Walaupun begitu, bahan kimia yang digunakan dalam proses produksinya dapat masuk ke dalam tubuh, apalagi jika penggunaan alat ini tidak tepat.

Seperti apa sih cara menggunakan dan merawat bahan ini agar awet dan tidak berbahaya bagi tubuh? Dilansir oleh about.com, berikut tipsnya:

  • Bahan pelapis anti lengket dapat pecah pada suhu 500 derajat Fahrenheit dan berpotensi karsinogenik oleh karena itu jangan menggunakan bahan ini pada api yang terlalu panas
  • Gunakan panas rendah atau menengah untuk memasak
  • Jangan meninggalkan peralatan masak dengan keadaan kering atau gosong dalam oven panas
  • Gunakan kayu, silikon dan plastik pada peralatan panci untuk menghindari bahan yang rontok akibat gesekan. Bahan yang rontok tanpa disadari dapat masuk ke dalam makanan dan berbahaya jika tertelan.
  • Hindari menyimpan peralatan masak anti lengket dengan cara ditumpuk langsung. Berikan lapisan handuk, kertas atau kain lembut di antara setiap wajan.

Kesehatan tak hanya berasal dari bahan masakan yang kita konsumsi, melainkan juga dari peralatan memasak. Semoga informasi ini dapat membantu Anda, Ladies.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading