Sukses

Lifestyle

Bunga dalam Vas Terlihat Mengagumkan di Tangan Fotografer Profesional Ini

Bunga dalam vas bunga? Itu sih biasa. Tapi kalau vas bunga ditembak hingga jadi berkeping-keping, lalu momen pecahnya vas tersebut dipotret dengan sangat akurat, maka hasilnya adalah karya fotografi yang menakjubkan. Keanggunan bunga dan pecahnya vas menghadirkan karya yang benar-benar unik.

Flowervases: Keindahan yang Justru Terlihat Saat Akan Dihancurkan
Dilansir dari dailymail.co.uk, Martin Klimas mengeksplorasi sisi keindahan dari sebuah kehancuran. Fotografer asal Jerman ini menyiapkan sejumlah vas bunga dengan berbagai jenis bunga cantik.

Sebuah peluru steel ball ditembakkan ke setiap vas. Saat vas bunga pecah berkeping-keping (tetapi bunga masih berada di tempatnya semula tanpa bergeser sedikit pun), di saat itulah, Martin langsung memotret momen tersebut.


Saat kita cermati lagi hasil karya fotografinya, kita bisa lihat bahwa bagian atas foto terlihat tenang dan anggun. Sementara bagian bawah fotonya terlihat kehancuran dan kepingan-kepingan vas.

Bunga dalam vas yang terlihat tak sama lagi. | Foto: copyright dailymail.co.uk

Pemilihan Latar Foto untuk Efek Dramatis
Setiap foto yang diambil memiliki latar belakang dengan warna yang solid. Warna latar kebanyakan kontras dengan warna dari vas bunga yang diambil. Vas bunga yang digunakan juga terbuat dari bahan-bahan yang berbeda seperti keramik dan kaca.

Teknik High-Speed Photography
Proyek fotografi ini bukanlah yang pertama kalinya untuk Martin. Ia sudah memiliki pengalaman dengan fotografi berkecepatan tinggi. Sebuah proyek fotografi lain bernama Porcelain Figurines adalah proyek fotografi yang dibuat dengan menjatuhkan patung dari ketinggian tiga meter. Dan Martin mengambil momen ketika patung-patung tersebut hancur berkeping-keping di tanah.

Pada tahun 2010, Martin menciptakan karya fotografi lain bernama Exploding Vegetables. Karya ini mendokumentasikan sayuran dan buah-buahan yang ditembak dengan proyektil. Tujuannya adalah untuk merefleksikan kecenderungan kita untuk beralih dari makanan sehat ke makanan instan atau cepat saji.


Merekam Gambar yang Tak Bisa Ditangkap Mata Manusia Normal
Dalam proyek fotografi Flowervases, Martin mencelupkan bunga ke dalam nitrogen cair agar bisa beku. Setelah itu, vas bunga ditembak dengan senapan angin untuk mendapatkan momen kehancuran vas berkeping-keping.

"Sebagian besar karya yang saya potret biasanya tidak dapat ditangkap oleh mata manusia normal," ungkap Martin dalam wawancara pada tahun 2013 dengan Wired.

Martin pun mengungkapkan bahwa ia mendapat inspirasi membuat karya seperti ini setelah membaca jurnal-jurnal ilmiah. Dengan menggunakan peralatan fotografi modern dan pencahayaan profesional, ia ingin melahirkan karya baru dari percobaan-percobaan ilmiah yang dibacanya.

Anda bisa melihat hasil foto spektakuler karya Martin di galeri foto di bawah ini. Hmm, Ladies, are you interested in making one?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading