Sukses

Lifestyle

Inilah Cara Mensterilkan Stoples yang Baik dan Benar

Bakteri dan jamur bisa saja mengendap lama di dalam stoples Anda. Jika stoples tak dibersihkan atau disterilkan dengan benar sebelum digunakan untuk menyimpan makanan, bakteri atau jamur tersebut bisa sangat berbahaya untuk keawetan makanan Anda. Belum lagi dengan risiko makanan yang rusak atau malah beracun jika disimpan di dalam stoples yang tidak steril.

Mensterilkan stoples mungkin terlihat terlalu banyak menghabiskan waktu dan merepotkan. Namun, asal tahu cara yang baik dan benar untuk mensterilkannya, Anda bisa melakukannya dengan mudah dan cepat. Berikut ini cara mensterilkan stoples yang baik dan benar seperti yang dilansir oleh britishfood.about.com dan countryliving.com.

    Menggunakan Oven

    Panaskan oven hingga 130 derajat celcius, pasang kertas koran di atas loyang pemanggang. Letakkan stoples di atas loyang pemanggang. Atur jaraknya agar tak bersentuhan satu sama lain. Panaskan selama 20 menit.

    Cuci dengan Air Sabun Panas

    Cuci stoples beserta tutupnya dengan menggunakan air sabun panas. Setelah itu bilas hingga bersih. Kemudian masukkan stoples di panci yang besar, tenggelamkan stoples dengan air penuh. Rebus selama 15 menit. Matikan api dan diamkan selama 10 menit hingga satu jam.

    Menggunakan Microwave

    Cara ini termasuk yang paling mudah. Setelah Anda membersihkan stoples yang akan disterilkan, biarkan stoples tersebut sedikit basah. Masukkan ke dalam microwave selama 30-45 detik tergantung besar kecilnya stoples.



Informasi penting: upayakan tidak memasukkan bahan makanan panas ke dalam stoples yang sudah dingin atau memasukkan makanan dingin ke dalam stoples yang panas. Kenapa? Karena hal ini bisa membuat stoples mudah pecah.

Sebelum menutup stoples yang sudah diisi makanan, diamkan dulu selama sekitar 15 menit. Ladies, apakah Anda punya tips lain untuk mensterilkan stoples Anda?
(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading