Sukses

Lifestyle

Tips: Menghargai Kaum Transgender

Ladies, menjadi seorang transgender bukanlah hal yang mudah, banyak sekali konsekuensi yang harus mereka hadapi atas penolakan terhadap keberadaan kaumnya. Percayalah, ketika mereka terlahir, mereka tidak memilih untuk menjadi transgender, mereka pasti ingin memiliki kehidupan yang normal dan diterima lingkungan sosial sebagai bagian dari elemen sosial.

Tapi pada kenyataannya, banyak di antara mereka yang mengalami berbagai macam diskriminasi dan tidak lagi dihargai sebagai seorang individu merdeka. Oleh karena itu, sebagai bagian dari lingkungan sosial, ada baiknya jika kita mulai menghargai pribadi dan keberadaan mereka sebagai insan seutuhnya.

Berikut ini beberapa tips sederhana yang dilansir wikihow.com yang dapat kita lakukan untuk menunjukkan bahwa kita menghargai pribadi mereka.

1. Hargai status gender mereka dengan memperhatikan identitas gender yang akhirnya mereka pilih, termasuk "nama baru" mereka.

2. Gunakan kalimat yang sesuai yang memperhatikan status gender mereka yang sekarang. Hindari penggunaan kalimat seperti "Ketika menjadi wanita/pria dulu.." akan lebih baik jika menggantinya dengan "Setahun yang lalu.."

3. Gunakan bahasa yang sesuai dengan status gender yang mereka pilih. Dalam bahasa, ada kalanya ada perbedaan antara kosa kata yang biasa digunakan laki-laki dan yang digunakan perempuan, maka dari itu, pilah dan sesuaikan penggunaan kosa kata yang tepat sesuai dengan identitas mereka saat ini.

4. Jangan merasa ragu atau takut untuk bertanya kepada mereka. Kuncinya, tanyakan setiap hal dengan cara yang sopan dan tidak menyinggung perasaan mereka.

5. Di sisi lain, Anda juga harus belajar untuk menghargai bahwa mereka juga membutuhkan privasi dalam kehidupan mereka.

6. Jangan beranggapan bahwa Anda mengetahui apa pun yang mereka pernah lakukan. Intinya, jangan berburuk sangka dengan mereka.

7. Mulailah untuk belajar membedakan antara identitas gender dan identitas seksual. Jangan beranggapan bahwa identitas gender selalu berhubungan dengan orientasi seksual mereka.

8. Perlalukan mereka dengan cara yang sama sebelum mereka menjadi transgender atau cara yang sama seperti Anda memperlakukan orang lain.

9. Berusaha sabar dan mengerti akan perubahan mereka. Jika Anda mengenal mereka dengan baik, Anda juga bisa membantu mereka untuk menghadapi masa-masa sulit mereka.

Nah, Ladies, perlakukan mereka dengan baik, ya. Hargai pula mereka sebagai bagian dari masyarakat kita.

Semoga bermanfaat.

 

Oleh: Surya

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading