Sukses

Lifestyle

Saatnya Lebih Menyayangi Diri, Ini Gejala-Gejala Stres yang Perlu Dipahami

Fimela.com, Jakarta Karena kesibukan atau rutinitas yang padat, seringkali kita mengabaikan sinyal bahwa kita sebenarnya sedang stres. Jika terlalu lama mengabaikannya, akibatnya nanti bisa sangat buruk untuk kesehatan kita. Untuk itu, kini saatnya untuk lebih peka dengan kebutuhan tubuh dan pikiran.

Ciri-ciri sedang stres bisa dilihat dari sejumlah gejala. Mengutip buku Loving the Wounded Soul, gejala stres bisa dirasakan mulai dari pikiran, perasaan, tubuh, dan perilaku. Selengkapnya langsung saja simak di sini.

1. Gejala Stres pada Pikiran

Gejala stres pada pikiran meliputi mudah lupa, sulit berkonsentrasi, sulit mengambil keputusan, dan berpikir negatif. Bila kita sering mengalami hal-hal tersebut pada pikiran kita, ada kemungkinan sebenarnya kita sedang stres.

2. Gejala Stres pada Perasaan

Coba ambil jeda lebih dahulu dan selami perasaanmu. Bila makin sering merasa gampang marah, mudah tersinggung, mudah merasa sedih, dan cemas, ada kemungkinan kita sedang stres. Perasaan yang selalu "penuh" juga bisa menjadi gejala stres.

 

3. Gejala Stres pada Tubuh

Ketika sedang stres, tubuh bisa memberikan beberapa sinyal. Sinyal yang diberikan tubuh saat kita sedang stres, meliputi sakit kepala atau migrain, otot leher atau bahu terasa tegang, mudah merasa lelah, sistem imun menurun, dan asam lambung naik. Jika kita jadi makin mudah sakit, bisa jadi penyebabnya adalah karena stres.

4. Gejala Stres pada Perilaku

Ya, gejala stres bisa tampak dari perilaku kita. Beberapa gejalanya antara lain berbicara dengan intonasi tinggi, mudah menangis, insomnia, dan perubahan pola makan.

Perlu diketahui juga bahwa setiap orang bereaksi dengan cara yang berbeda terhadap gejala stres. Untuk itu, kita perlu lebih peka dengan tubuh dan pikiran kita demi menjaga kesehatan kita dengan baik.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading