Sukses

Lifestyle

Manfaat Olahraga Ringan untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Olahraga didefinisikan sebagai setiap gerakan yang membuat otot bekerja dan mengahruskan tubuh membakar kalori. Ada banyak jenis aktivitas disik, termasuk berenang, berlari, jogging, berjalan, menari dan masih banyak lagi. Menjadi aktif telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Bahkan dapat membantu hidup lebih lama. Berikut ini cara terbaik berolahraga teratur yang bermanfaat bagi tubuh dan otak.

Membuatmu Merasa Lebih Bahagia

Latihan telah terbukti meningkatkan suasana hati dan mengurangi perasaan Depresi, kecemasan dan stres. Ini menghasilkan perubahan di bagian otak yang mengatur stres dan kecemasan. Selain itu juga dapat meningkatkan sensitivitas otak untuk hormone serotonin dan norepinefrin, yang menghilangkan perasaan depresi.

Olahraga dapat meningkatkan produksi endorfin, yang dikenal dapat membantu menghasilkan perasaan positif dan mengurangi persepsi nyeri. Selain itu, olahraga telah terbukti mengurangi gejala pada orang yang menderita kecemasan. Ini juga dapat membantu mereka menjadi lebih sadar akan kondisi mental mereka dan memperhatikan gangguan dari ketakutan mereka.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa tidak aktif adalah faktor utama dalam penambahan berat badan dan obesitas. Untuk memahami efek olahraga terhadap penurunan berat badan, penting untuk memahami hubungan antara olahraga dan pengeluaran energi. Tubuh seseorang menghabiskan energi dalam tiga cara yaitu mencerna makanan, berolahraga dan mempertahankan fungsi tubuh seperti detak jantung dan pernapasan.

Saat berdiet, pengurangan asupan kalori akan menurunkan tingkat metabolisme, yang menunda penurunan berat badan. Sebaliknya, olahraga teratur terbukti meningkatkan laju metabolisme, yang akan membakar lebih banyak kalori dan membantumu menurunkan berat badan. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa menggabungkan latihan aerobik dengan latihan resistensi dapat memaksimalkan kehilangan lemak dan pemeliharaan massa otot, yang sangat penting untuk menjaga berat badan.

Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Kurangnya aktivitas fisik secara teratur adalah penyebab utama penyakit kronis. Olahraga teratur telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin, kebugaran kardiovaskular dan kompisisi tubuh, namun menurunkan tekanan darah dan kadar lemak darah. Sebaliknya, kurang olahrga teratur dalam jangka pendek dapat menyebabkan peningkatkan lemak perut yang signifikan, yang meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung dan kematian dini. Oleh karena itu, aktivitas fisik harian direkomendasikan untuk mengurangi lemak perut dan mengurangi risiko pengembangan penyakit ini.

Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit dapat dipengaruhi oleh jumlah stres oksidatif dalam tubuh. Stres oksidatif terjadi ketika pertahanan antioksidan tubuh tidak dapat sepenuhnya memperbaiki keruasakan yang disebabkan oleh radikal bebas pada sel. Ini dapat meruasak struktur internal mereka dan merusak kulit. Meskipun aktivitas fisik yang intens dan melelahkan dapat berkontribusi terhadap kerusakan oksidatif, olahraga moderat secara teratur dapat meningkatkan produksi antioksidan alami tubuh, yang membantu melindungi sel. Dengan cara yang sama, olahraga dapat merangsang aliran darah dan mengonduksi adaptasi sel kulit yang dapat membantu menunda penampilan penuaan kulit.

Membantu Kesehatan Memori Otak

Olahraga dapat meningkatkan fungsi otak dan melindungi daya ingat dan keterampilan berpikir. Pertama-tama, hal itu dapat meningkatkan detak jantung, membuat aliran dan oksigen ke otak. Ini juga dapat merangsang produksi hormon yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak. Selain itu, kemampuan berolahraga untuk mencegah penyakit kronis dapat diterjemahkan menjadi manfaat bagi otak, karena fungsinya dapat dipengaruhi oleh penyakit-penyakit ini. Aktivitas fisik yang teratur sangat penting pada orang dewasa yang lebih tua karena penuaa, dikombinasikan dengan stres dan peradangan oksidatif dan mendorong struktur dan fungsi otak.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Olahraga teratur dapat membantu seseorang menjadi lebih rileks dan tidur lebih baik. Berkenaan dengan kualitas tidur, penipisan energi yang terjadi selama latihan merangsang proses penyembuhan selama tidur. Selain itu, peningkatan suhu tidur yang terjadi selama latihan dianggap meningkatkan kualitas tidur dengan membantu menurunkannya selama tidur.

Olahraga menawarkan manfaat luar biasa yang dapat meningkatkan hampir setiap aspek kesehatan seseorang dari dalam ke luar. Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan produksi hormone yang membuatmu merasa lebih bahagia dan membantumu tidur lebih baik. Ini juga dapat meningkatkan penampilan kulit, membantu menurunkan berat badan dan mempertahankannya, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

#Changemaker

What's On Fimela
Loading