Sukses

Lifestyle

4 Jenis Olahraga Terbaik Ini Ampuh Mengatasi Stres

Fimela.com, Jakarta Masalah kecil hingga besar yang terus menerus datang bisa membuat munculnya kondisi stres dalam diri kita. Kala dilanda stres, biasanya berbagai kegiatan yang mampu menghilangkan perasaan tersebut akan dilakukan demi memperbaiki suasana hati. Mulai dari menonton film hingga sekedar mengistirahatkan diri. Namun tak semudah itu, kondisi stres mampu membuat seseorang tidak bisa berpikir jernih bahkan kesulitan untuk tidur.

Jika segala cara telah diupayakan untuk menghilangkan rasa stres dan tak ada yang berhasil, mungkin olahraga bisa menjadi pilihan Sahabat Fimela. Terdapat penelitian yang membuktikan bahwa berolahraga dapat mengatasi stres. Tak perlu melakukan dalam intensitas tinggi, hanya melakukan olahraga secara ringan kamu sudah bisa merasakan manfaat dari olahraga ini.

Dengan berolahraga secara teratur, otomatis organ dalam tubuh akan bekerja, seperti otot menegang, tekanan darah meningkat hingga irama jantung bertambah cepat. Hal tersebut yang bisa membuat seluruh hormon dan saraf kembali normal. Lalu, olahraga apa saja yang ampuh mengatasi stres? Berikut Fimela rangkum dari merdeka.com, Rabu (6/10/2021).

1. Peregangan

Seperti yang diketahui, stres dapat berdampak pada otot tubuh. Apalagi jika otot tegang di bagian leher atau punggung akibat terlalu lama dan lelah bekerja. Perasaan stres yang kamu alami dapat berkurang jika melepaskan ketegangan otot melalui peregangan. Harvard Health Publishing menjelaskan, manfaat ini bisa diperoleh ketika peregangan dilakukan selama 10 menit sebanyak 3 hingga 4 menit dalam seminggu. Lakukan peregangan ini pada area tubuh paling kaku. Biasanya, area tubuh tersebut fokus pada pundak, leher, tumit hingga pinggang.

2. Yoga

Olahraga yang satu ini bisa meringankan stres dan meningkatkan kesehatan mental serta emosional. Bahkan yoga dapat memperkuat dan melatih keseimbangan tubuh. Penelitian yang dilakukan pada Februari 2019 membuktikan bahwa jika yoga dilakukan dalam tiga kali seminggu selama empat minggu, mampu meringankan stres dan meningkatkan mood.

3. Berjalan

Walau terlihat sepele, berjalan menjadi salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan untuk meringankan stres. Tak hanya itu, manfaat lain dari olahraga ini adalah memperkuat otot dan meningkatkan kondisi kardiovaskular dalam waktu bersamaan. Penelitian Behavioural Sciences pada Mei 2018 mengungkap bahwa berjalan memiliki hubungan dengan hormon kortisol. Maka, olahraga ini mampu membantu seseorang mengurangi stres emosional. Berjalan di alam bebas dengan pakaian dan sepatu yang nyaman akan lebih baik lagi untuk menghilangkan stres.

4. Berlari

Lari dari masalah akan menjadi pilihan kamu untuk mengindari masalah tersebut. Menurut pengetahuan, olahraga berlari ternyata memang memiliki manfaat dalam menurunkan tingkat stres. Olahraga ini dapat melepaskan kandungan kimia yang menenangkan otak. Selain itu, berlari bisa membantu membersihkan pikiran dengan mudah.

Jangan sampai perasaan stres ini mengganggu aktivitas sehari-hari Sahabat Fimela, ya! Stres juga dapat berbahaya bagi kesehatan mental. Jadi, yuk mulai olahraga jika merasa stres!

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
PUMA Hadirkan Sepatu untuk Tingkatkan Performa dan Kenyamanan selama Latihan Intensitas Tinggi
Artikel Selanjutnya
Yuk, Berolahraga Aerobik untuk Mendapatkan Manfaat Ini!