Sukses

Lifestyle

Jarang Diketahui Orang, Berikut 7 Hewan Terpintar yang Diakui Peneliti

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan tidak hanya dimiliki manusia, tapi juga hewan. Walau memang kecerdasan hewan mempunyai bentuk yang berbeda dengan kecerdasan manusia, tapi tetap saja hal tersebut adalah sesuatu yang mengagumkan.Dari banyaknya jenis hewan di seluruh penjuru dunia, entah di darat maupun di air, ada hewan-hewan yang telah diakui kecerdasannya berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan.

Hewan-hewan ini pun memiliki jenis kecerdasannya masing-masing, berbeda dengan hewan lainnya. Bahkan, ada yang memiliki kecerdasan hampir menyamai manusia menurut hasil sebuah penelitian.

Dari banyaknya hewan cerdas di seluruh dunia, berikut ini adalah 7 hewan yang termasuk dalam daftar hewan tercerdas di dunia yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Simpanse

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa ada hewan yang kecerdasannya hampir menyamai manusia, hewan itu adalah simpanse. Tidak heran simpanse dikenal sebagai hewan paling cerdas di planet ini.

Mereka bisa memanipulasi lingkungan dan sekitarnya untuk membantu diri mereka sendiri dan juga kelompoknya. Simpanse dapat mengetahui bagaimana cara menggunakan sesuatu sebagai alat untuk menyelesaikan suatu masalah agar lebih cepat. Bahkan, mereka telah mengakali manusia berkali-kali.

2. Rakun

Bukan hanya memiliki penampilan yang imut dan menggemaskan, rakun juga memiliki kecerdasan yang mengagumkan. Di balik wajah lucunya, mereka mampu membentuk hierarki dan hubungan yang sangat canggih.

Disebut-sebut hubungan sosial yang mereka bentuk ini jauh lebih kompleks dan bermanfaat dibandingkan perilaku yang mungkin dilakukan manusia di media sosial.

3. Burung African Grey

African Grey merupakan salah satu jenis burung beo. Burung beo bukan hanya bisa meniru suara manusia, tapi juga dapat memecahkan teka-teki berdasarkan penalaran yang logis.

Menurut Live Science, burung beo jenis African Grey ini sama pintarnya dengan anak berusia tiga tahun. Mereka bisa menemukan hadiah makanan hanya dengan petunjuk atau bahkan tanpa petunjuk sama sekali.

Dikatakan bahwa Africa Grey memiliki beberapa pemahaman tentang kausalitas.

4. Lebah

Dalam sebuah penelitian, peneliti mengajari lebah untuk mengidentifikasi mana dari dua garis horizontal yang berada di atas yang lain. Ketika mereka menjawab dengan benar, mereka menerima hadiah sirup gula.

Peneliti hanya mengajari mereka cara mengidentifikasi apakah garis-garis yang mendatar itu berada di atas atau di bawah. Jadi, ketika para peneliti menunjukkan garis vertikal bel, lebah terbang begitu saja. Sebab, mereka tahu mereka tidak akan mendapat sirup gula tesebut.

5. Monyet Rhesus

Monyet Rhesus memiliki kemampuan hebat dalam membuat strategi. Mereka diketahui memiliki kemampuan untuk merencanakan serangan kelompok.

Selain itu, Monyet Rhesus juga merupakan makhluk yang sensitif dan perasa. Hal ini didasarkan dari sebuah fakta yang membuktikan bahwa Monyet Rhesus sering menunjukkan adanya kecenderungan untuk melakukan bunuh diri.

6. Gurita

Kebanyakan invertebrata tidak memiliki tingkat kecerdasan yang menurut para ilmuwan dimiliki oleh gurita. Dalam sebuah penelitian, peneliti menguji apakah gurita dapat membedakan antara dua orang yang berbeda.

Dua orang dengan menunjukkan kepribadian yang berbeda ditunjuk untuk berinteraksi dengan gurita. Satu orang bersikap ramah, sedangkan yang lain bersikap dingin dan angkuh.

Ketika akhirnya dua orang tersebut memasuki ruangan, gurita mengabaikan orang dengan kepribadian dingin dan angkuh.

 

7. Burung Gagak

Dari serangkaian penelitian yang dilakukan para peneliti, ditemukan fakta bahwa burung gagak memiliki kecerdasan setara atau bahkan lebih baik dari manusia dalam hal memecahkan masalah.

Dalam sebuah penelitian, gagak dan manusia diberikan teka-teki yang sama. Di saat anak di bawah usia delapan tahun bingung untuk memecahkan teka-teki tersebut, gagak tidak bingung sama sekali dan memikirkan jalan keluar dengan cerdas.

*Penulis: Vania Ramadhani Salsabillah Wardhani.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading