Sukses

Lifestyle

Hindari 7 Kebiasaan yang Mampu Menurunkan Kepercayaan Diri

Fimela.com, Jakarta Percaya diri adalah salah satu kunci untuk tampil menawan dan hidup bahagia. Jika kita memiliki kepercayaan diri, maka kita tidak akan pernah meremehkan usaha, proses, serta nilai yang kita miliki. Tetapi, ternyata ada 7 kebiasaan yang mampu menghancurkan kepercayaan diri seseorang.

Beberapa di antaranya mungkin sering dilakukan secara tidak sadar. Berikut adalah 7 kebiasaan yang harus diubah karena mampu menghancurkan kepercayaan diri seseorang.

Terlalu Peduli dengan Komentar Orang Lain

Sangat wajar jika kita mempedulikan komentar orang lain saat kita berusaha terlihat baik di depan mereka, karena sebagai manusia kita memiliki kebutuhan untuk dicintai dan disukai orang lain. Tetapi, terlalu mempedulikan komentar orang lain ternyata tidak baik bagi kepercayaan diri seseorang. Terlebih jika komentar tersebut mengubah cara pandang mu terhadap dirimu sendiri ke arah yang negatif.

Pikiran Negatif

Terdapat sebuah kutipan yang cukup terkenal mengenai pengaruh pola pikir terhadap pemaknaan diri seseorang, yaitu ‘You become what you think’. Kutipan tersebut sangat sesuai dengan pengaruh buruk pikiran negatif terhadap kepercayaan diri seseorang. Jika kamu berpikir bahwa kamu tidak cukup baik, maka seterusnya kamu tidak akan pernah merasa percaya diri.

Suka Membandingkan Hidup

Apakah kamu sering membandingkan kehidupan mu dengan teman mu atau publik figur berdasarkan apa yang kamu lihat di media sosial? Jika iya, maka kamu hidup dalam kehidupan media sosial. Pada kenyataannya, media sosial adalah representasi seseorang dalam dunia maya, tetapi representasi tersebut tidak selamanya sesuai dengan realita, alias seseorang bisa membuat representasi mereka sesuai apa yang mereka inginkan.

Kurang Percaya Diri

Saat kamu merendahkan diri sendiri, saat itu juga kamu sedang menghancurkan kepercayaan dirimu. Merendahkan diri sendiri juga berarti kamu tidak menghargai proses, usaha, serta nilai dari dirimu sendiri. Seorang penulis Inggris, C. S. Lewis, pernah berkata bahwa ‘Humility is not thinking less of yourself, but it’s thinking of yourself less’.

Mudah Berpuas Diri dan Pasrah

Mudah berpuas diri ternyata berpengaruh buruk pada kepercayaan diri. Saat seseorang mudah berpuas diri, maka ia tidak akan termotivasi untuk meningkatkan kualitas dirinya. Kemudian, hal tersebut berdampak pada pola pikir seseorang bahwa ia tidak memiliki kualitas diri. Oleh karena itu, mudah berpuas diri dapat berujung pada merendahkan diri sendiri.

Tidak Yakin dengan Kemampuan Diri

Kita seringkali mendapatkan pujian dari orang lain, seperti ‘Kamu baik, deh!’ atau ‘Kamu orang nya lucu banget’. Saat menerima pujian, tidak jarang kita menolak pujian tersebut, baik karena malu, merasa tidak pantas menerimanya, atau tidak percaya dengan pujian tersebut. Dengan menolak pujian, secara tidak langsung kita memandang rendah diri sendiri dan meragukan pandangan orang lain terhadap diri kita sendiri.

Terlalu Overthinking

Ketika kamu membuat masalah atau hari mu berlalu dengan buruk, kamu pasti akan merenungi apa yang kamu alami sebelum tidur. Ternyata, terlalu sering merenungi sebuah masalah dapat berpengaruh buruk pada kepercayaan diri. Hal tersebut dapat terjadi karena kamu secara tidak sadar akan berfokus pada inti sebuah masalah, bukan bagaimana cara menyelesaikannya.

Dengan rasa percaya diri yang cukup, kamu bisa mengendalikan dirimu. Kamu bisa juga mendapatkan banyak kesempatan. Jadi, ubah dan hilangkan hal yang menghalangimu untuk maju, ya. Selamat mencoba.

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading