Sukses

Lifestyle

7 Cara Mencuci Rok Tutu Bahan Tulle yang Benar Agar Tidak Mudah Kusut

Fimela.com, Jakarta Rok tutu adalah rok yang banyak dipakai para penggemar fashion. Rok tutu terbuat dari bahan tulle atau yang sering kita sebut dengan bahan tile. Rok tutu bisa membuat pemakainya menjadi terlihat anggun, feminim dan cantik.

Bahan tulle adalah bahan yang seperti jaring kecil dengan permukaan berlubang-lubang. Kain tulle memiliki banyak warna, tapi tampilannya tampak transparan. Jika mencuci dan menyimpan rok tutu tidak benar, maka bisa membuat bahan tulle terlihat kusut dan merusak permukaan kainnya.

Rok tutu bahan tulle memiliki ciri khas yang bentuknya mengembang, seperti rok ballerina. Namun ada juga model rok tutu yang desainnya tidak ditumpuk-tumpuk. Agar rok tutu bahan tulle tidak mudah rusak atau kusut, yuk simak cara mencuci rok tutu berikut ini:

Cara Mencuci Rok Tutu Bahan Tulle

1. Cuci Pakai Tangan

Cara mencuci rok tutu bahan tulle yang pertama adalah mencuci rok dengan tangan. Sebaiknya jangan mencuci rok tutu menggunakan mesin. Cukup merendam rok tutu selama 30 menit, kemudian kucek rok dengan lembut secara perlahan. Usahakan untuk tidak menyikat rok tutu.

2. Gunakan Sabun Bayi

Penggunaan deterjen maupun pemutih pakaian bisa merusak bahan tulle. Ada baiknya Sahabat Fimela menggunakan sabun bayi saat merendam dan mencuci rok tutu bahan tulle. Sabun bayi memiliki kandungan deterjen yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia, sehingga aman digunakan dan tidak merusak bahan tulle.

3. Hindari Paparan Sinar Matahari

Setelah mencuci pakaian, sebaiknya jemur rok tutu bahan tulle dengan cara digantung dan diangin-anginkan. Hindari paparan sinar matahari secara langsung saat menjemur rok tutu. Karena rok tutu sangat mudah kering, sebaiknya jangan diperas terlalu keras, apalagi menggunakan pengering pada mesin cuci.

Cara Mencuci Rok Tutu Bahan Tulle yang Selanjutnya

4. Jangan Menyetrika dengan Suhu Panas

Tak hanya diperhatikan saat mencuci saja. Saat menyetrika rok tutu bahan tulle juga harus menggunakan cara yang penar. Sahabat Fimela bisa menyetrika kain bagian dalam rok saja, dengan suhu yang setengah panas. Hindari menyetrika pada bagian kain tulle, karena akan membuat tekstur kain terbakar dan mudah kusut.

5. Gunakan Setrika Uap

Sebenarnya rok tutu tidak perlu disetrika. Jika tidak terlalu keras saat mengkucek rok atau memeras rok tutu. Setrika yang paling bagus digunakan untuk rok tutu adalah setrika uap. Karena jenis setrika ini tidak langsung menyentuh bahan rok tutu.

Cara Mencuci Rok Tutu Bahan Tulle yang Terakhir

6. Gunakan Pewangi yang Lembut

Setelah menyetrika rok tutu, jangan lupa untuk menyemprotkan pewangi pakaian yang lembut. Hindari penggunaan pewangi berbahan kimia yang keras, pada rok tutu yang berwarna putih. Sebaiknya semprotkan pewangi dengan jarak 30cm, agar bahan pewangi tidak merusak rok tutu.

7. Jangan Dilipat

Terakhir, untuk menyimpan rok tutu bahan tulle sebaiknya jangan dilipat. Simpanlah rok tutu dengan digantungkan saja. Melipat rok tutu hanya akan merusak bahan tullei dan membuat rok tutu terlihat kusut. Hindari menyimpan rok tutu di area yang terkena matahari langsung, atau di lemari yang lembap.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading