Sukses

Lifestyle

5 Cara Cepat Tidur dan Memiliki Waktu yang Berkualitas

Fimela.com, Jakarta Ketika kamu merasa kesulitan untuk tertidur terkadang tidak ada pilihan lain selain mengkonsumsi obat yang menyebabkan tidur. Sulit untuk tertidur tentu akan membuat frustasi dan tak nyaman bagi setiap orang, terutama saat mereka merasakan kelelahan.

Tidur merupakan salah satu hal yang sangat baik dan penting, dimana seluruh tubuh akan berisitirahat dari aktivitas yang telah dilaluinya. Meskipun banyak orang yang memiliki masalah untuk tidur, tapi tentu ada cara agar cepat tidur dari biasanya.

Seseorang yang kekurangan waktu tidur tentu akan memberikan efek negatif pada tubuh maupun suasana hati. Berikut cara cepat untuk tidur dan memiliki waktu tidur yang berkualitas:

1. Menciptakan Pola Tidur yang Konsisten

Tidur pada waktu yang bverbeda setiap hari merupakan salah satu kebiasaan yang sering dialami oleh setiap orang. Namun, pola tidur satu ini ternyata dapat mengganggu waktu tidur serta ritme sirkadian dalam tubuh. Padahal fungsi dari ritme sirkandian adalah menentukan apakah tubuh sudah siap untuk tidur atau tidak.

2. Matikan Lampu

Meskipun kebanyakan orang merasa takut saat lampu dimatikan ketika tidur, ternyata isyarat adanya cahaya lampu dapat mempengaruhi ritme sirkadian lho. Menjaga ruangan agar gelap saat tidur tentu akan membuatmu lebih cepat untuk tertidur.

3. Menghindari Tidur Saat Siang Hari

Ternyata tidur siang juga dapat memberikan pengaruh pada ritme sirkadian jika kamu tidur selama 2 jam lebih. Selain itu tidur siang yang berlebihan dapat memiliki kualitas tidur yang lebih rendah dan cukup buruk.

4. Berolahraga Siang Hari

Olahraga tentu sangat baik untuk kesehatan tubuh, selain itu olahraga juga dapat meningkatkan kualitas atau durasi tidur seseorang. Ternyata jika sebelum tidur melakukan aktivitas fisik yang berat dapat menganggu waktu tidur.

5. Menghindari Penggunaa Ponsel

Jika kamu menggunakan ponsel sebelum tidur ternyata akan memberikan pengaruh yang buruk. Menaruh ponsel di dekat bantal saat tertidur ternyata berhubungan dengan kualitas tidur yang buruk. Cobalah sesekali untuk tidak menggunakan ponsel selama 1 jam sebelum tidur.

Ada banyak penyebab seseorang sering mengalami insomnia atau kesulitan untuk tidur di malam hari, beberapa penyebab inilah yang sering menganggu seseorang. Untuk itu gunakanlah beberapa cara diatas agar meningkatkan kualitas tidur yang baik.

Loading