Sukses

Health

Fakta atau Fiksi, Mengenakan Kaus Kaki Bisa Membantu Tidur Lebih Lelap?

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu memiliki preferensi tersendiri untuk tidur lebih lelap di malam hari? Beberapa orang harus mengenakan selimut atau piyama jenis tertentu saat tidur di malam hari, bagaimana denganmu?

Dalam hal kaus kaki, ada beberapa orang merasa tidur akan lebih lelap jika mengenakan kaus kaki di malam hari. Ada banyak manfaat memakai kaus kaki sebelum tidur di malam hari.

Menurut Mar De Carlo, penulis dan pendiri International Parenting and Health Institute Association of Professional Sleep Consultants, kaus kaki bisa membantu orang tidur lebih cepat dan lebih lama karena proses yang disebut vasodilatasi distal. Sebuah studi di tahun 2007 menemukan bahwa perubahan suhu kulit secara kausal bisa memengaruhi kemampuan untuk memulai dan mempertahankan tidur, seperti dilansir dari huffpost.com.

 

 

Mengenal manfaat mengenakan kaus kaki sebelum tidur di malam hari

Mengenakan kaus kaki sebelum tidur di malam hari telah terbukti meningkatkan sirkulasi dan aliran darah ke kaki. Ini bisa membantu menurunkan suhu inti tubuh, memberi sinyal pada otak bahwa sudah waktunya untuk tidur.

Studi lain membuktikan hal ini lebih jauh, melibatkan sejumlah kecil subjek menemukan bahwa pria muda yang memakai kaus kaki tertidur 7,5 menit lebih cepat, tidur 32 menit lebih lama, dan bangun 7,5 kali lebih jarang daripada mereka yang tidak mengenakan kaus kaki. Mengenakan kaus kaki sebelum tidur juga terkait dengan ritme sirkadian atau jam internal yang mengatur fungsi tubuh berdasarkan 24 jam sehari.

Suhu tubuh yang lebih rendah biasanya mendahului kantuk dan bukti menunjukkan bahwa menggunakan kaus kaki atau metode pemanasan kaki lainnya bisa menurunkan suhu inti tubuh dan membantu tidur lebih cepat. Manfaat lain dari tidur nyenyak adalah penurunan kemungkinan Raynaud, yang adalah penyakit yang biasanya menyerang jari kaki dan jari di mana kulit kehilangan sirkulasi, mulai bengkak, serta sakit.

Mengenal manfaat mengenakan kaus kaki sebelum tidur di malam hari

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa memakai kaus kaki di malam hari bisa membantu mencegah serangan dengan menjaga sirkulasi darah dan anggota badan tetap hangat. Walaupun Raynaud biasanya dipicu oleh suhu dingin, kecemasan, atau stres, mengenakan kaus kaki tidak akan mencegah Raynaud berkembang sebagai penyakit, tapi bisa mengurangi kemungkinan kambuh.

Manfaat lain tidur dengan kaus kaki adalah potensi perbaikan tumit pecah-pecah, mencegah hot flashes, dan meningkatkan potensi orgasme. Mengenakan kaus kaki sebelum tidur meningkatkan kemungkinan mencapai orgasme sebesar 30%. Apakah kamu termasuk orang yang suka mengenakan kaus kaki sebelum tidur di malam hari juga, Sahabat FIMELA?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading