Sukses

Lifestyle

6 Cara Meditasi yang Dapat Dilakukan di Rumah

Fimela.com, Jakarta Meditasi sangat penting dilakukan saat kita mengalami keresahan dan banyak tekanan, meditasi sendiri dapat menurunkan tingkat stress, mengenal rasa sakit, meningkatkan fokus, dan dapat membuat diri kita mengenal diri sendiri. Dalam sebuah meditasi mindfulness, akan membuat seseprang belajar bagaimana memperhatikan tarikan napas saat masuk dan keluar.

Beberapa latihan meditasi dari teknik pernapasan inilah yang akan membangun oto-otot perhatian dan kesadaran. Banyak tradisi spiritual yang terkadang memasukkan meditasi sebagai bagian dari ajaran praktik maupun teknik pada suatu kepercayaan.

Dengan meditasi sendiri tentu dapat menawarkan kita bagaimana memahami solusi untuk memenuhi kebutuhan yang berkembang dan mengurangi stress di jadwal yang sangat padat. Nah, berikut beberapa cara melakukan meditasi di rumah yang dapat kamu lakukan:

1. Ambil Matras atau Carilah Tempat Duduk

Sangat penting untuk menemukan tempat duduk yang tenang dan hening saat memulai meditasi di rumah, karena dengan adanya tempat yang rata akan membuat kita lebih tenang dan fokus.

2. Mengambil Batasan Waktu

Meditasi tak perlu membutuhkan waktu lama dan bahkan dapat ditentukan batasan waktu dengan sendirinya, ada baiknya untuk memiliki waktu singkat selama 10 menit.

3. Perhatikan Tubuh

Kamu dapat duduk di kursi atau matras dengan kaki di lantai atau bisa duduk bersila dengan santai. Pastikan bahwa tubuh dalam posisi yang stabil dan dapat bertahan nyaman selama waktu yang ditentukan.

4. Mulai Rasakan Napas

Mulailah merasakan napas dengan mengikuti sensasi napas saat masuk dan keluar, inilah yang akan menenagkanmu.

5. Perhatikan Pikiran

Biasanya saat memulai meditasi akan sangat sulit untuk merasakan fokus, terkadang perhatian kita akan meninggalkan napas dan pikiran yang akan terbayang kemanapun. Ketika kamu memperhatikan bahwa pikiran telah berkenal dalam beberapa detik atau detik, mulailah kembali dalam perhatian ke napas.

6. Tutup Mata dan Rasakan

Saat kamu merasa siap, angkat pandangan dengan lembut jika mata sedang tertutup bukalah luangkan waktu sejenak dan memperhatikan apapun suara yang ada disekitar lingkunganmu, rasakan bagaimana tubuh menerimanya.

Meskipun meditasi bukanlah obat dari segala rasa stress yang sedang dialami terkadang meditasi dapat memberikan seseorang ruang yang sangat dibutuhkan dalam hidup. Selain itu terkadang dengan meditasi akan membuat diri sendiri lebih baik dan mengenali diri sendiri yang mendalam.

What's On Fimela
Loading