Sukses

Health

5 Manfaat Meditasi Pernapasan di Masa Pandemi Covid-19

Fimela.com, Jakarta Stres, dan merasa lelah dengan semua rutinitas harian di tengah kecemasan yang melanda di masa pandemi Covid 19? Apalagi PPKM Darurat membuat kita semua harus kembali beraktivitas di rumah agar terhindar dari paparan virus. Fokus mengurus rumah, bekerja, mengurus keluarga, hingga menemani anak sekolah dari membuat para orangtua bahkan lupa jika tubuh butuh istirahat. 

Tak jarang kita merasa bingung dan lelah dengan rutinitas sehingga mungkin merasa hidup seperti robot. Ternyata, kualitas hidup bisa berubah menjadi lebih baik jika Anda mau memberikan waktu istirahat sejenak kepada diri dan pikiran dengan melakukan meditasi pernapasan.

Penting untuk kita pahami, apa arti dari meditasi pernapasan? Prita Yulia Maharani, M.Psi., Psikolog, konselor dari aplikasi konseling Riliv, menjelaskan bahwa teknik meditasi ini mendorong Anda untuk mengatur pernapasan.

“Ketika Anda menarik dan mengeluarkan napas, pada saat inilah Anda akan melepaskan semua beban yang ada di pikiran, sehingga setelah melakukan meditasi Anda bisa merasa lebih tenang. Sebenarnya, meditasi pernapasan merupakan jenis meditasi yang paling dasar dan paling umum dilakukan.”, jelas Prita dalam keterangan pers yang diterima oleh tim Fimela.com

Prita juga menambahkan kalau melakukan meditasi pernapasan tidaklah sulit, karena Anda hanya perlu meluangkan waktu selama 3-5 menit.  Jika Anda masih ragu untuk melakukan meditasi pernapasan, ini dia 5 manfaatnya!  

1. Meningkatkan mood dan kemampuan regulasi emosi

Saat sibuk beraktivitas, seringkali membuat Anda merasa lelah dan ini berdampak pada mood yang memburuk dan emosi yang tidak stabil. Padahal penting untuk bisa mengendalikan setiap emosi yang muncul, mulai dari emosi marah, senang, sedih, kecewa. Kemampuan regulasi emosi yang baik dapat dilatih dengan melakukan meditasi pernapasan. 

2. Memperbaiki kualitas tidur

Bukan rahasia lagi kalau mendapatkan tidur yang berkualitas sangatlah sulit. Padahal setelah seharian bekerja, Anda berharap bisa tidur dengan nyenyak dan memiliki kualitas tidur yang baik. Entah kenapa saat mau tidur, rasanya otak tidak mau berhenti berpikir. Ini semua bisa diatasi jika Anda menyempatkan diri untuk melakukan meditasi pernapasan sebelum tidur. 

3. Melancarkan pencernaan

Anda sering mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit? Ini bisa diatasi dengan melakukan meditasi! Meditasi pernapasan terbukti membuat kondisi perut menjadi lebih tenang dan nyaman. Selain itu, saat melakukan meditasi, proses penyerapan makanan di dalam perut bekerja secara optimal. 

4. Meningkatkan konsentrasi

Sering hilang fokus? atau sulit berkonsentrasi? Jangan khawatir! Ini semua juga bisa diatasi dengan melakukan meditasi loh! Meditasi pernapasan terbukti dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan memperkuat durasi fokus saat beraktivitas.

5. Meningkatkan ketenangan batin

Manfaat lain dari meditasi pernapasan adalah membuat jiwa dan pikiran  menjadi lebih fresh, tenang, dan damai. Perasaan tenang ini membuat Anda menjadi lebih sabar, pemaaf, dan bijaksana dalam berperilaku karena Anda benar-benar menyadari konsekuensi seperti apa yang akan Anda dapatkan dari perilaku tersebut. 

#elevatewomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading