Sukses

Lifestyle

Tips Tidur Nyenyak dan Berkualitas untuk Meningkatkan Kesehatan dan Produktivitas

Fimela.com, Jakarta Tidur merupakan salah satu kebutuhan penting bagi tubuh manusia. Selain untuk memulihkan tenaga, tidur juga berperan dalam menjaga kesehatan fisik dan mental.

Dilansir dari National Sleep Foundation, selama kita tidur, tubuh akan memperbaiki jaringan yang rusak dan memproduksi hormon pertumbuhan secara optimal saat kita tidur. Hormon ini lah membantu memperbaiki sel-sel tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga kita merasa segar dan bugar di keesokan harinya.

Selain itu, tidur yang cukup dan berkualitas juga memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh diantaranya meningkatkan konsentrasi dan produktivitas, menjaga kesehatan mental, dan mencegah berbagai penyakit. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas sehingga bisa melakukan rutinitas secara optimal dengan tubuh yang sehat.

Untuk mendapatkan manfaat tidur yang maksimal, ada beberapa tips yang dapat kamu coba untuk kamu yang ingin mendapatkan tidur nyenyak dan berkualitas. Berikut ini beberap tips tidur nyenyak dan berkualitas:

1. Jadwalkan waktu tidur

Cobalah mendisplinkan diri dengan membuat jadwal waktu tidur secara konsisten, seperti jam 10 malam kamu sudah harus tidur. Dengan menjadwalkan waktu tidur secara konsisten dapat membantu tubuhmu menyesuaikan ritme sirkadian. Hal ini juga dapat membantu memperbaiki kualitas tidur dan membantu kamu merasa lebih segar saat bangun tidur.

2. Hindari konsumsi kafein dan alkohol

Sebelum tidur, sebaiknya kamu menghindari konsumsi kafein dan alkohol sebelum tidur. Sebab alkohol dan kafein dapat mengganggu kualitas tidurmu loh.

Dilansir dari Mayo Clinic, zat kafein dapat membuat tubuh tetap terjaga dan sulit untuk tidur. Sedangkan alkohol dapat membuatmu tidur tidak nyenyak. Oleh karena itu, hindari konsumsi kafein dan alkohol setidaknya 4 jam sebelum waktu tidur.

3. Buat lingkungan tidur yang nyaman

Lingkungan tidur yang nyaman dapat membantu meningkatkan kualitas tidurmu lebih baik. Lingkungan tidur yang nyaman yakni memiliki suhu yang nyaman, ventilasi yang baik, serta tempat tidur yang nyaman. Menurut Johns Hopkins selaku pakar tidur menjelaskan bahwa tempat tidur yang nyaman menjadi salah satu faktor yang dapat membentuk kualitas tidur lebih baik.

Selain itu, tempat tidur yang berantakan serta kasur yang tidak nyaman dapat membuat tidurmu tidak nyenyak. Hal ini juga dapat mengakibatkan keesokan harinya kamu akan merasa lelah dan kurang beristirahat.

Kenyamanan tempat tidur menjadi suatu hal yang sangat penting untuk kamu perhatikan. Hal ini juga menunjukkan bahwa pentingnya memerhatikan pemilihan perabotan kamar tidur atau kasur tidur yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu.

 

Tipis memilih tempat tidur yang nyaman

Perabot rumah tangga seperti tempat tidur memiliki kegunaan yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan setiap orang yang berbeda-beda. IKEA, sebagai ahli di bidang perabot rumah tangga ingin menawarkan harga lebih terjangkau serta tips untuk memilih perabot kamar tidur yang dapat membantu kamu untuk meningkatkan kualitas tidurmu. Berikut ini pilihan kasur beserta insight yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu:

1. ABYGDA, kasur busa memori yang mampu mengikuti bentuk tubuh

Busa memori merupakan jenis kasur yang umum digunakan oleh masyarakat. Namun, masih banyak yang tidak sepenuhnya memahami kelebihan jenis busa ini.

Kasur ABYGDA dari IKEA memiliki busa memori yang dapat  mengikuti bentuk tubuh dibandingkan dengan busa biasa. Busa memori memungkinkan berat badan didistribusikan secara merata ke seluruh kasur serta memberikan dukungan yang lebih baik untuk tulang belakang dan punggung bawah.

Matras ini berukuran 90x200cm dan memiliki lima zona nyaman untuk menyangga dengan tepat dan melepaskan beban pada pundak dan pinggulmu. Selama setahun ke depan, produk ini akan tersedia dengan harga yang lebih rendah yakni Rp1.999.000 dari Rp2.499.000.

2. VALEVAG, kasur pegas saku untuk mengurangi guncangan gerakan

Dalam memilih kasur juga perlu disesuaikan dengan kebiasaan tidurmu. Jika kamu memiliki kebiasaan banyak bergerak saat tidur, kasur kantong pegas dengan kepadatan tambahan seri VALEVAG dari IKEA berukuran 90x200cm bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu.

Pegas saku yang dibungkus secara individual dalam kasur ini dapat mengurangi guncangan gerakan tubuhmu saat tidur. Lapisan busa yang tebal di bagian atas kasur ini akan memberimu bantalan yang nyaman sekaligussandaran. Dari harga Rp2.499.000, kini produk ini tersedia dengan harga lebih rendah yakni Rp2.299.000.

IKEA menghadirkan sejumlah kasur yang dapat mendukung kualitas tidur lebih baik

3. VESTEROY kasur pegas saku yang dirancang untuk membantu mengatur suhu tubuh

Ketika memilih kasur, umumnya kita akan memilih kasur yang empuk karena dianggap lebih nyaman. Padahal, kasur keras juga memiliki fungsinya sendiri yang layak untuk dicoba, lho! Kasur keras seri VESTEROY dari IKEA ini memiliki ukuran 90x200 cm serta memiliki tinggi 20 cm.

Kasur ini dilapisi sarung dengan busa ekstra dan kain stretch yang lembut untuk menambah kenyamanan. Selain itu, pegas saku pada kasur keras ini juga dirancang untuk memberikan sirkulasi udara dan dapat mengatur suhu tubuhmu.

Kasur jenis  ini cocok untuk kamu yang memiliki kebiasaan tidur terlentang karena busa kasur yang padat dan rapat ini mampu menopang punggung dengan baik. Harga kasur ini sedang didiskon di IKEA dari Rp2.999.000, harga kasur ini kini menjadi Rp1.999.000.

4. SUNDVIK menjadi pilihan rangka tempat tidur yang nyaman bagi si kecil

Memiliki tempat tidur yang nyaman dan berkualitas juga diperlukan untuk anak-anak agar mendapatkan tidur yang cukup dan teratur. Dilansir dari laman Johns Hopkins All Children's Hospital, tempat tidur yang kurang nyaman akan memengaruhi kualitas tidur anak.

Oleh karena itu, penting bagi setiap orangtua untuk memilih tempat tidur anak yang tepat, berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhan anak. Sebab, kenyamanan tempat tidur dapat memengaruhi perhatian, perilaku, pembelajaran, memori, serta kesehatan mental dan fisik anak secara keseluruhan yang lebih baik.

Bergabunglah dengan IKEA Family untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau!

SUNDVIK dari IKEA dengan ukuran 80x200cm ini bisa jadi pilihan nyaman dan praktis untuk anak. Dengan desain yang timeless, bahan  rangka yang tahan lama,serta panjang tempat tidur ini juga bisa disesuaikan seiring bertambah tingginya anak, sehingga kamu dapat dengan mudah menciptakan lingkungan tidur nyaman yang dibutuhkan anak kamu. IKEA menawarkan rangka tempat tidur ini dengan harga lebih rendah yaitu Rp2.799.000,- dari harga normal Rp3.299.000,-.

Itulah beberapa produk dengan harga lebih rendah dari IKEA Indonesia yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidurmu. IKEA Indonesia juga selalu berkomitmen untuk menghadirkan solusi dan inspirasi perabot rumah tangga yang terjangkau agar semakin mudah dijangkau oleh lebih banyak orang dan mengakomodir kebutuhan lebih banyak. 

Selain empat produk di atas, kamu bisa mendapatkan produk-produk andalan IKEA Indonesia yang lainnya dengan harga lebih rendah melalui laman https://www.ikea.co.id/in/penawaran/harga-lebih-murah. Sebagai informasi tambahan, kamu juga bisa mendapatkan banyak keuntungan dari IKEA Family, yang merupakan program customer loyalty yang akan meningkatkan pengalaman berbelanja dengan beragam keuntungan.

Untuk bergabung menjadi bagian dari IKEA Family, kamu hanya perlu unduh aplikasi IKEA Indonesia dan registrasi di bagian user. Ayo kunjungi toko IKEA Indonesia terdekat atau unduh aplikasi IKEA Indonesia dan temukan produk organizer dengan harga lebih rendah agar rumah kamu semakin terorganisir!

 

*Penulis: Amelia Septika.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading