Sukses

Health

6 Kebiasaan 5 Menit yang Dijamin Bantu Tidur Lebih Cepat

Fimela.com, Jakarta Ada orang yang mudah tidur, sedangkan tidak sedikit yang mengalami kesulitan ketika tiba waktunya tidur di malam hari. Tidur penting secara universal dan setiap orang yang tidur memiliki preferensi unik mereka sendiri untuk mempromosikan tidur.

Ada banyak elemen yang berkontribusi pada permulaan tidur dan apa yang berhasil untuk satu orang mungkin tidak berhasil untuk orang lainnya. Kuncinya, adalah menemukan elemen yang cocok untukmu dan berusaha mempertahankannya pada waktu tidur.

1. Lakukan penyegaran pikiran

Kecemasan adalah salah satu alasan utama orang sulit tidur dan ini bisa jadi karena pikiran yang berpacu. Salah satu cara untuk membantu meminimalisir ini adalah dengan melakukan brain dump.

Tulis semua di laptop atau ponsel yang ada di pikiranmu. Brain dump dapat membantu menghilangkan pikiran yang mungkin membuat kamu terjaga. Ini tidak hanya akan membantu menjernihkan pikiran, tapi juga menjaga pikiran itu dalam bentuk nyata, yang sangat membantu bagi mereka yang takut akan melupakan sesuatu yang penting saat tidur.

2. Matikan perangkat elektronik

Baik komputer, ponsel, atau tablet, hindari perangkat elektronik sebelum tidur. Jangan menggunakan ponsel setidaknya selama 30 menit sebelum tidur di malam hari. Cahaya biru dari perangkat ini bisa mengganggu pelepasan hormon melatonin alami, yang membantu meningkatkan kualitas tidur.

 

 

3. Lakukan latihan pernapasan untuk membantu bersantai

Pernapasan membantu mengurangi gairah fisiologis, yaitu saat sistem saraf dalam keadaan tinggi atau aktif, biasanya karena stres atau kegembiraan. Tidur adalah proses pasif dan terjadi saat kamu tidak berusaha tidur secara aktif, tapi kamu memiliki kendali atas pernapasan dan apa yang kamu lakukan untuk mempersiapkan tubuh untuk tidur.

4. Pastikan kamar tidur berada pada suhu yang nyaman

Saat mendekati waktu tidur, pastikan ruangan berada di suhu nyaman yang ideal untuk mendorong tidur. Tidur di lingkungan yang terlalu panas atau dingin bisa mengganggu, karena memengaruhi suhu inti tubuh dan mengganggu tidur pada tahap awal.

5. Terlibat dalam aktivitas yang menenangkan dan menyenangkan

Lakukan sesuatu yang ringan untuk mengalihkan fokus dari upaya tidur dan sebaliknya memberi kamu sesuatu yang menenangkan untuk dilakukan.

6. Minum minuman yang menenangkan

Hindari kafein lewat dari jam 1 siang, untuk membantu mempersiapkan tubuh untuk tidur. Ada banyak pilihan minuman alami yang bisa membantu mempromosikan dan meningkatkan kualitas tidur, seperti jus ceri, teh chamomile, teh valerian, teh peppermint, dan susu hangat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading