Sukses

Lifestyle

Mulai Jadikan Kebiasaan, 5 Manfaat Bangun Pagi

Fimela.com, Jakarta Pagi hari merupakan waktu yang tepat hari kamu dengan baik. Meskipun terdengar sangat sulit untuk dilakukan, tapi bangun pagi dapat memberikan banyak sekali manfaat untuk dirimu. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, kamu disarankan untuk memulai segala aktivitasmu di pagi hari karena dapat memberikan kesehatan dan tingkat produktivitas yang tinggi.

Bangun pagi akan memberikanmu potensi, tenaga, dan kesegaran yang dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk tubuh dan pikiranmu. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Michele Roberge, RPSGT, R.T. selaku pelatih tidur bersertifikat menyatakan kalau saat kita tidur tubuh akan menghasilkan hormon melatonin. Intinya siklus bangun dan tidur dalam tubuh manusia telah diatur oleh satu bagian tubuh yang dinamakan ritme sirkadian. Bahasa awamnya ritme sirkadian adalah jam internal tubuh yang bekerja sesuai paparan cahaya di sekitar kita.

Bayangkan seperti ini, saat retina menangkap cahaya, maka retina tersebut akan memberikan sinyal yang bernama Nukleus Suprachiasmatic untuk membuat dan memproduksi melatonin dan melepaskan kortisol, Siklus inilah yang membuat kita tetap terjaga di malam hari. Alhasil saat bangun pagi tubuh akan menjadi lesu dan mengantuk.

Maka dari itu menerapkan pola bangun pagi akan memberikan dampak yang bagus untuk kehidupan. Entah itu kesehatan, kecantikan, dan kesuksesan. Melihat hal ini, FIMELA ingin semua Sahabat FIMELA ketahui lima manfaat dari bangun pagi.

 

 

Peningkatan dalam Skill Organisir

Bangun pagi biasanya akan membuatmu lebih produktif karena kamu memiliki waktu yang banyak untuk menghabiskan waktu dan tanpa ada gangguan. Dilansir oleh Amerisleep.com, bangun di pagi hari akan membuat otak menjadi lebih santai dan juga lebih jernih khususnya saat kamu dengan merencanakan harimu. Biasanya di pagi hari kamu juga dapat menyelesaikan tugas lebih cepat, entah itu dalam menyiapkan presentasi meeting, membersihkan rumah, dan lain-lain.

Kamu bisa menggunakan waktu pagi untuk merencanakan harimu dengan tenang dan tanpa gangguan. Kamu juga Secara tidak langsung akan Belajar untuk mengalokasikan waktu dan memprioritaskan sebuah aktivitas. Merencanakan hari dengan baik akan membantu meningkatkan keterampilan khususnya di sisi Pengorganisasian dan peningkatan khususnya dalam produktivitas.

 

 

Peningkatan Kualitas Tidur

Dilansir oleh Amerisleep.com, bangun pagi akan membantu tubuhmu untuk lebih cepat tidur. Intinya saat kamu tidur mau tidur di malam hari, mereka akan terasa lebih lelah dimana hal ini akan cepat membuatmu mengantuk saat kamu menyentuh kasur. Kamu tidak akan terjaga sepanjang malam jika kamu bangun pagi.

“Bangun pagi akan terasa sulit dan Anda akan merasa lelah, tetapi semakin sering Anda melakukannya, tubuh Anda akan semakin menyesuaikan diri,” ujar Joshua Tal, psikolog tidur yang berbasis di NYC mengutip dari Amerisleep.com.

Berikut adalah saran jam tidur yang cocok dilansir oleh Amerisleep.com.

  1. 0-3 bulan waktu tidur 14 sampai 17 jam
  2. 4-11 bulan waktu tidur 12 sampai 15 jam
  3. 1-2 tahun waktu tidur 11 sampai 14 jam
  4. 3-5 tahun waktu tidur 10 sampai 13 jam
  5. 6-13 tahun waktu tidur 9 sampai 11 jam
  6. 14-17 tahun waktu tidur 8 sampai 10 jam
  7. 18-64 tahun waktu tidur 7 sampai 9 jam
  8. Diatas 65 tahun waktu tidur 7 sampai 8 jam

Kulit yang Sehat

Dilansir oleh Healthline.com, bangun pagi dapat membuat kulit mu menjadi lebih sehat. Jika tidurmu kurang dan kamu sering begadang maka kulit akan membentuk garis-garis halus, kerutan, pucat, dan kelopak mata yang bengkak, serta jerawat. 

Tidur akan membantu menjaga dan merawat kulitmu. Berdasarkan penelitian kulit akan regenerasi dan bekerja paling maksimum di malam hari. Selamat tidur, sel sel kulit kamu akan mulai beregenerasi, Membantu meningkatkan peredaran darah, dan membantu memperbaiki kerusakan dari paparan polusi dan sinar UV dengan menciptakan kolagen. Menambahkan, bangun pagi juga akan memberimu banyak waktu untuk merawat dan mempersiapkan kulit kamu sebelum pergi keluar rumah.

 

 

Membantumu untuk Tetap Fokus

Otakmu tidak akan langsung bekerja sesaat kamu baru bangun. Dititik tulah yang menyebabkan saat kita baru bangun tubuh kita akan merasa pusing dan bingung. Biasanya otakmu akan mulai bekerja dan bergerak sekitar satu jam atau lebih. Maka dari itu jika kamu mencoba untuk berkonsentrasi dan bekerja di pagi hari akan membuatmu merasa kesulitan untuk tetap fokus. 

Dilansir oleh Amerisleep.com, Kamu disarankan untuk membuat rutinitas khususnya di pagi hari untuk menghindari terjadinya stres dan susah fokus. Buatlah rutinitas yang sekiranya dapat kamu ikuti dan dapat membuatmu tidak memikirkan ditel-ditel lain khususnya di pagi itu. Prioritaskan aktivitas yang penting terlebih dahulu, seperti sarapan, olahraga, meditasi, dan lain-lain. 

Dilansir oleh Healthline.com, bangun lebih awal akan memberimu banyak waktu untuk mempersiapkan otak mu agar bisa lebih fokus dan tidak mudah stres.

 

 

Banyak Waktu untuk Beraktivitas

Faktor yang membuat orang tidak bisa memiliki pola makan yang sehat dan tidak bisa berolahraga adalah karena kekurangan waktu. Hal ini kebanyakan karena mereka bangun kurang pagi yang menyebabkan mereka tidak memiliki waktu untuk menyiapkan makanan yang sehat ataupun berolahraga. 

Jika kamu bangun pagi, maka kamu memiliki banyak waktu untuk membuat sarapan pagi yang sehat dan mengenyangkan, daripada mengkonsumsi sarapan alakadarnya seperti donat dan kopi. Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sehat dapat membuatmu merasa lebih kenyang lebih lama dan memiliki energi yang berlebih untuk menjalani harimu. 

Bukan hanya dapat memiliki waktu yang banyak untuk membuat makanan yang sehat di pagi hari, bangun pagi juga akan memberimu banyak waktu untuk berolahraga di pagi hari. Tidak perlu pergi ke gym, kamu bisa memulainya dengan hal yang sederhana dan mudah untuk dilakukan di pagi hari.

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading