Sukses

Lifestyle

Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan dan Hindari Setelah Berbuka Puasa

Fimela.com, Jakarta Momen berbuka puasa setelah seharian penuh berpuasa pasti menjadi saat yang ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim. Hasrat untuk melepas dahaga dan lapar juga sudah tidak tertahankan lagi, apalagi jika santapan berbuka puasa sudah tersedia hangat di meja makan.

Namun, sayangnya sebagian besar orang terkadang sering memanfaatkan momen berbuka puasa untuk ‘balas dendam’ yakni, melahap semua makanan dalam jumlah besar hingga membuat perut begah dan kekenyangan. Tentu saja, kebiasaan ini bukanlah kebiasaan berbuka puasa yang baik dan berbahaya bagi kesehatan.

Apabila kamu terlalu banyak mengkonsumsi makanan saat berbuka puasa dan akhirnya kamu merasa begah maka, kamu akan semakin cepat mengantuk. Badan juga terasa berat hingga malas melakukan aktivitas lain. Hal ini yang sering memicu obesitas dan naiknya gula darah. 

Maka dari itu, disarankan kamu melakukan berbagai aktivitas ringan setelah berbuka puasa untuk menahan rasa kantuk dan malas yang menerpa. Buat kamu yang penasaran, aktivitas apa saja yang sebaiknya dilakukan setelah berbuka puasa, langsung saja cek artikrel dibawah ini.

Fimela.com akan membagikan informasi 4 hal yang sebaiknya kamu lakukan setelah berbuka puasa. Tulisan ini akan jadi reminder buat kamu yang hobi rebahan setelah berbuka puasa.

Duduk Sejenak

Hal yang sebaiknya kamu lakukan setelah berbuka puasa ialah duduk sejenak, sekitar 10 sampai 15 menit. Alasannya, saat berbuka, bisa jadi kamu mengkonsumsi banyak makanan dalam waktu cepat dan sistem pencernaan didalam tubuh itu membutuhkan waktu untuk mencerna semua makanan.

Posisi yang akan membuat sistem pencernaan mudah bekerja adalah posisi duduk, karena makanan akan lebih mudah terserap secara vertikal. Disarankan juga selama kamu duduk untuk mengatur napas agar proses pencernaan makanan dalam tubuh jadi lebih cepat.

Duduk sejenak setelah makan juga berkorelasi dengan penambahan berat badan seseorang saat berpuasa. Biasanya, berat badan akan mudah naik jika kamu memiliki kebiasaan rebahan atau berbaring setelah makan. Jadi, buat kamu yang sedang diet, mari duduk sejenak setelah selesai berbuka puasa.

Mengkonsumsi Air Putih Hangat

Kedua, hal yang sebaiknya kamu lakukan setelah berbuka puasa ialah banyak mengkonsumsi air putih hangat. Alasannya, mengkonsumsi air putih hangat setelah berbuka sangat baik untuk kesehatan dan juga sistem pencernaan tubuh.

Air putih hangat mampu melancarkan dan mengaktivasi saluran pencernaan, hal ini dikarenakan organ pencernaan akan terhidrasi lebih baik dan mampu mengeliminasi sampah dengan lebih cepat seiring dengan mengalirnya air dalam tubuh.

Selain itu, masih berhubungan dengan berat badan dan obseitas, air putih hangat juga sangat berpengaruh. Mengkonsumsi air hangat dapat membantu meluruhkan cadangan lemak dalam tubuh dan membantu menurunkan berat badan.

Dengan meminum air putih hangat, tubuh bisa menurunkan suhu internalnya dan meningkatkan metabolisme. Disarankan juga untuk meminumnya dengan campuran lemon atau madu untuk mengontrol rasa lapar bagi mereka yang sedang menjalani diet alkaline.

Menggerakan Badan

Selanjutnya, hal yang sebaiknya kamu lakukan setelah berbuka puasa ialah menggerakkan badan agar kamu tidak mudah merasa lemas dan mengantuk. Tidak perlu gerakan olahraga yang berat, cukup gerakan senam ringan misalnya, itu akan sangat membantu tubuh tetap semangat.

Salah satu godaan terberat setelah puas berbuka puasa ialah berbaring dikursi atau di tempat tidur hingga ketiduran dan terlambat salat tarawih. Cara yang tepat untuk menghindari godaan tersebut ialah dengan menggerakkan badan. Kamu bisa mengajak keluarga di rumah untuk bergerak bersama-sama agar semuanya menjadi semangat.

Mempersiapkan Diri Untuk Salat Tarawih

Terakhir, hal yang sebaiknya kamu lakukan setelah berbuka puasa ialah menyiapkan diri untuk melaksanakan salat tarawih, baik tarawih di rumah saja atau bisa datang ke masjid. Mengingat saat ini kondisi wabah virus corona belum bisa dikendalikan, maka sebaiknya beribadah di rumah saja dulu.

Menyiapkan diri untuk melaksanakan salat tarawih pastinya lebih baik baik daripada kamu menonton tv atau bermain media sosial hingga melewatkan waktu salat. Kamu juga bisa mengajak orang rumah bersama-sama mempersiapkan diri untuk salat tarawih, pastinya hal ini juga akan membuat kalian semakin kompak.

7 Hal yang Harus Dihindari Setelah Berbuka Puasa

1. Mengonsumsi Makanan Berat secara Berlebihan

Makanan berat dapat memberikan tekanan pada sistem pencernaan yang sedang beristirahat. Sebaiknya, pilih makanan ringan dan seimbang untuk berbuka.

2. Minum Minuman Berkafein

Minuman berkafein seperti kopi atau minuman bersoda dapat menyebabkan dehidrasi. Pilihlah minuman yang menyegarkan seperti air putih atau jus buah.

3. Mengonsumsi Makanan Asin dan Manis Berlebihan

Makanan yang tinggi garam dan gula meningkatkan risiko dehidrasi dan tekanan darah tinggi. Pilihlah makanan yang lebih sehat dan seimbang.

4. Menunda Shalat Maghrib dan Isya

Jangan menunda shalat setelah berbuka puasa. Segera laksanakan shalat Maghrib dan Isya untuk memperoleh berkah.

5. Mengonsumsi Makanan yang Kurang Bersih atau Tidak Terjamin Keamanannya

Pastikan makanan yang dikonsumsi segar, bersih, dan aman untuk diolah. Hindari makanan yang kurang bersih atau tidak terjamin keamanannya.

6. Aktivitas Fisik yang Berlebihan

Hindari aktivitas fisik yang terlalu berat setelah berbuka puasa. Pilihlah aktivitas ringan untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Dengan menghindari hal-hal di atas setelah berbuka puasa, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan meraih manfaat spiritual dari ibadah puasa dengan lebih optimal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading