Sukses

Lifestyle

Catat, Ini 5 Soft Skill yang Perlu Kamu Pelajari agar Mudah dan Cepat Mendapatkan Pekerjaan

Fimela.com, Jakarta Selain hard skill, kemampuan penting yang akan menentukan seseorang dapat diterima bekerja atau tidak adalah kemampuan soft skill yang dimiliki. Hard skill memang penting namun, banyak orang berpendapat bahwa hard skill mudah dipelajari sedangkan soft skill sulit karena merupakan bawaan maupun kepribadian dari masing-masing individu tersebut.

Kemampuan soft skill akan menuntun seorang pekerja memiliki integritas dalam menyelesaikan pekerjaan. Bisa dikatakan bahwa untuk mendapatkan suatu pekerjaan mungkin kamu bisa lolos dengan hard skill namun untuk mempertahankan pekerjaan tersebut kamu memerlukan soft skill yang mumpuni.

Banyak perusahaan kini tidak hanya memperhatikan hard skill namun juga mementingkan soft skill yang dimiliki oleh individu yang akan direkrutnya. Percuma memiliki hard skill namun tidak bisa mengikuti budaya kantor, itu sama saja pekerjaanmu tidak akan awet atau keberadaanmu sendiri akan sulit diterima.

Maka dari itu, menjadi penting bagi kamu yang sedang mencari atau melamar pekerjaan untuk mempelajari soft skill-soft skill tertentu yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Untuk itu, Fimela.com akan membagikan informasi 5 soft skill yang perlu kamu pelajari agar mudah dan cepat mendapatkan pekerjaan.

Kemampuan Beradaptasi

Soft skill yang perlu kamu pelajari pertama ialah kemampuan beradaptasi, jelas ini bukan hanya perlu tetapi juga wajib kamu pelajari. Kemampuan beradaptasi disini bukan hanya kemampuan beradaptasi dengan karyawan lain saja namun juga menyesuaikan dengan budaya dan cara kerja kantor tersebut.

Karyawan atau pekerja yang tidak memiliki kemampuan beradaptasi yang baik akan kesulitan untuk mengikuti ritme kerja kantor yang bisa jadi super cepat atau menuntutmu harus siap dengan perubahan dan perintah yang cepat. Maka dari itu, sebelum kamu melamar atau menunggu lamaran kamu diterima, ada baiknya kamu mempelajari ilmu untuk beradaptasi dengan tempat dan lingkungan baru.

Kemampuan Bekerjasama

Selanjutnya, soft skill yang perlu kamu pelajari berikutnya ialah kemampuan bekerjasama dengan tim. Kelihatannya memang mudah, padahal tidak semua orang memiliki kemampuan ini karena bekerjasama dengan tim menuntutmu harus banyak berkorban perasaan dan juga memiliki tanggung jawab dengan apa yang sudah ditugaskan.

Beberapa orang nyaman bekerja secara mandiri hingga mereka sulit bekerja dengan tim karena tidak bisa mempercayai orang lain. Hal inilah yang tentunya harus kamu hindari karena ada masanya kamu harus mengerjakan suatu pekerjaan yang itu harus diselesaikan bersama tim. Jika kamu menguasai kemampuan tim building, kamu tidak akan kesulitan bekerja dengan tim atau banyak orang.

Berpikir Kritis dan Kreatif

Perusahaan yang mempekerjakanmu pasti tidak merekrutmu tanpa adanya ekspektasi untuk memberikan sesuatu yang berbeda dan menciptakan peningkatan pada perusahaan itu sendiri. Untuk itu, kamu harus memiliki soft skill berpikir kritis dan kreatif. Berpikir kritis disini maksudnya adalah kemampuan untuk membuat keputusan yang melahirkan solusi dan mampu menyelesaikan masalah.

Sedangkan berpikir kreatif artinya kamu mampu menemukan suatu ide yang dapat memberika pembaharuan pada kantor atau tempat kamu bekerja untuk peningkatan yang lebih baik, misal peningkatan sumber daya manusianya atau produk dan jasa yang menjadi andalan perusahaanmu. Untuk itu, kamu harus melatih diri dan menambah banyak wawasan sehingga ide dan inspirasi segar akan mudah kamu dapatkan.

Kemampuan Manajemen Waktu

Keempat, soft skill yang perlu kamu pelajari adalah kemampuan manajemen waktu yang baik. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa pada saat kamu bekerja, kamu akan bertemu dengan budaya dan etos kerja perusahaan yang bisa saja menyukai cara kerja yang cepat. Untuk itu, kamu harus memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik.

Kemampuan manajemen waktu ini sangat penting apalagi jika pekerjaanmu adalah pekerjaan yang sangat dipengaruhi oleh kecepatan waktu. Kamu dituntut untuk bekerja dan berpikir cepat. Tidak menutup kemungkinan karena kondisi itu kamu harus memikirkan cara kerja cerdas bukan lagi kerja keras agar kamu tidak memiliki masalah dengan waktu.

Gaya Komunikasi dan Pembawaan Diri

Terakhir, soft skill yang harus kamu pelajari dan miliki ialah gaya komunikasi dan pembawaan diri yang baik secara profesional. Ada banyak orang pintar dan cerdas namun jika dia tidak memiliki gaya komunikasi dan pembawaan diri yang baik maka dia tidak akan bisa bertahan disuatu perusahaan dalam waktu yang lama. Hal inilah mengapa gaya komunikasi dan pembawaan diri itu penting.

Ingat, kamu bekerja ditempat tersebut untuk waktu yang lama, maka dari itu buatlah gaya komunikasi yang friendly sehingga kamu mudah berbaur dengan lingkungan kerja dan semua orang yang ada dikantor tersebut. Hindari sifat merasa paling pintar karena hanya akan memunculkan arogansi yang akhirnya merugikan dirimu sendiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading