Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Kecipir untuk Diet dan Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Kecipir merupakan sayuran hijau yang tumbuh merambat, dan berada di daerah yang beriklim tropis. Kecipir bisa dikonsumsi dibagian buahnya, biji dan daunnya.

Sayuran kecipir ini sangat cocok digunakan untuk membuat masakan seperti pecel, lalap, bobor dan tumisan. Karena sayuran ini memiliki rasa yang khas, yang bisa dikonsumsi dalam kondisi mentah maupun matang.

Sayuran hijau kecipir atau yang memiliki nama lain Psophocarpus tetragonolobus, memiliki kandungan nutrisi yang komplek seperto asam pantotenat, riboflavin, vitamin B6, antioksidan dan masih banyak lagi. Yuk simak artikel berikut ini tentang manfaat mengonsumsi kecipir baik untuk diet maupun kesehatan, dilansir dari Brilio.net:

 

Baik untuk Diet

Manfaat mengonsumsi kecipir, bisa membantu menurunkan berat badan dan melancarkan program diet. Karena setiap mengonsumsi 100gram kecipir, kalori yang masuk ke dalam tubuh hanya 49 kalori saja.

Kecipir juga memiliki kandungan serat, lemak sehat dan juga protein. Kandungan ini bisa membuat perut menjadi kenyang lebih lama. Kandungan protein yang terdapat di dalam kecipir, dipercaya kandungannya setara dengan kandungan protein di dalam satu gelas susu.

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Kecipir merupakan sayuran hijau yang sangat aman dikonsumsi ibu hamil. Karena kecipir memiliki kandungan folat alami dan sumber zat besi, yang baik untuk tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Mengonsumsi kecipir pada saat hamil, bisa membuat persalinan menjadi lebih lancar, bayi lebih sehat, mencegah kecacatan pada bayi, mengurangi anemia dan membuat berat badan bayi menjadi ideal.

 

Mencegah Diabetes

Mengonsumsi kecipir setiap hari, juga bisa membantu mencegah penyakit diabetes. Karena kandungan yang terdapat di dalam kecipir, bisa membantu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

Kecipir memiliki kandungan vitamin D dan kalsium, yang bisa membantu mengendalikan sekresi insulin, mengoptimalkan metabolisme glukosa dan berguna untuk sel-sel pankreas.

Mencegah Anemia

Mengonsumsi kecipir bisa membantu mencegah anemia. Anemia merupakan kondisi tubuh ketika kekurangan sel darah merah. Kondisi ini bisa membuat tubuh menjadi lebih lemas, hingga menyebabkan pingsan.

Kecipir memiliki kandungan folat, yang bisa membantu meningkatkan kadar darah di dalam tubuh. Kandungan zat besi di dalam kecipir, juga bisa membantu meningkatkan produksi darah di dalam tubuh. Jadi buat kamu yang memiliki anemia, konsumsilah kecipir secara berkala.

 

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat mengonsumsi kecipir yang terakhir, yaitu bisa membantu menjaga kesehatan mata, agar terhindar dari penyakit-penyakit yang menyerang pada bagian mata.

Kecipir memiliki kandungan tiamin, yang bisa membantu mengatasi dan mencegah glaukoma, katarak, meningkatkan sistem kerja otot, saraf mata dan memperbaiki hubungan antara mata dan otak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading