Sukses

Lifestyle

8 Jenis Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi saat Sahur agar Kuat Berpuasa

Tidak banyak yang tahu, terdapat sejumlah makanan sehat pengontrol rasa lapar. Rasa lapar sangat wajar terjadi pada setiap orang. Akan tetapi, jika rasa lapar tersebut berlebihan bisa mengganggu aktivitas.

Pastinya untuk menyambut bulan puasa kali ini, kamu perlu mengonsumsi makanan sehat saat sahur dan juga memastikan bahwa asupan yang kamu konsumsi dapat membuatmu kenyang selama berpuasa. Tidak perlu khawatir, meskipun puasa kali ini masih diselimuti pandemi, tetapi kamu tetap bisa menjaga kesehatan dengan makanan-makanan yang sehat.

Sebaiknya, hindari mengonsumsi makanan yang terlalu berlemak atau terlalu banyak mengandung gula karena jenis makanan tersebut dapat membuatmu mudah merasa haus dan lapar kembali. Untuk itu, kamu perlu tahu jenis makanan sehat apa saja yang sebaiknya kamu konsumsi untuk sahur.

Fimela.com kali ini akan mengulas 5 jenis makanan sehat yang perlu dikonsumsi saat sahur agar kuat berpuasa di keesokan harinya. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Telur

Makanan sehat pengontrol rasa lapar yang baik untuk dikonsumsi saat sahur, yakni telur. Sejumlah penelitian menyatakan, dengan mengonsumsi telur saat sarapan mampu menekan hormone gherelin. Hormon ini merupakan salah satu hormon yang memiliki peranan penting dalam mengontrol rasa lapar.

Jangan heran bila kalian tidak akan merasa sangat lapar di siang hari bila mengonsumsi telur untuk sarapan. Meski begitu, jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi telur. Perlu diingat, mengonsumsi telur boiler secara berlebihan tidak akan baik bagi kesehatan tubuh.

Oatmeal

Oatmeal juga bisa masuk ke dalam deretan makanan sehat pengontrol rasa lapar yang baik dikonsumsi pada saat sahur. Kalian bisa mencoba mengonsumsi oatmeal di pagi hari. Selain sehat, kalian bisa merasakan rasa kenyang dalam kurun waktu yang cukup lama. Hal ini karena oatmeal memiliki kandungan serat yang tidak mudah larut.

Selain itu, oatmeal juga mengandung karbohidrat kompleks. Sehingga, mampu membuat rasa kenyang kalian bertahan lama. Menariknya, oatmeal juga bisa membantu dalam produksi asam lemak butirat. Di mana kandungan ini memiliki peranan penting dalam mengurangi peradangan pada tubuh.

Kacang Pistasio

Kacang pistasio juga dikenal sebagai makanan sehat pengontrol rasa lapar yang baik dikonsumsi saat sahur. Bagi yang belum tahu, kacang pistasio memiliki sejumlah nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari meningkatkan fungsi otak, melancarkan laju metabolisme hingga menurunkan berat badan.

Tak hanya itu saja, salah satu kandungan kacang pistasio mampu menetralkan asam lambung. Sehingga, makanan sehat ini bisa menekan rasa lapar secara alami dan efektif.

Kacang Hijau

Makanan sehat pengontrol rasa lapar selanjutnya yakni kacang hijau. Salah satu jenis kacang-kacangan ini dikenal mengandung serat dan protein yang sangat tinggi.

Kedua bahan tersebut mampu membantu mengurangi dan menetralkan asam lambung. Dengan begitu, kacang hijau sangat baik dalam mengendalikan rasa lapar secara alami. Kalian juga bisa merasakan rasa kenyang dalam waktu yang cukup lama.

Biji Gandum

Selanjutnya, biji gandum bisa menjadi makanan sehat pengontrol rasa lapar. Biji gandum? Bagaimana cara mendapatkannya? Tenang saja, di beberapa produk sereal telah terkandung biji gandum di dalamnya. Bahkan, sejumlah produk menggunakan biji gandum utuh sebagai bahan utamanya.

Perlu untuk diketahui, biji gandum mengandung serat dan protein yang cukup tinggi. Selain itu, biji gandum juga kaya akan karbohidrat kompleks serta vitamin B. Menariknya, gandum memiliki sifat yang mudah menampung banyak air. Sehingga, jangan heran bila kalian akan merasakan kenyang cukup lama saat mengonsumsinya.

Kurma

Kurma merupakan makanan tradisional yang sering dikonsumsi saat berbuka puasa, namun mereka juga merupakan pilihan yang baik untuk sahur. Kurma mengandung gula alami yang memberikan energi cepat dan juga mengandung serat serta nutrisi penting lainnya seperti potassium dan magnesium.

Buah-Buahan Segar

Buah-buahan segar seperti apel, pir, atau jeruk adalah sumber nutrisi penting dan juga memberikan hidrasi tambahan. Buah-buahan mengandung vitamin, mineral, dan serat yang diperlukan tubuh untuk menjaga keseimbangan selama puasa. Konsumsilah buah-buahan dalam bentuk segar atau jus tanpa tambahan gula untuk memperoleh manfaat maksimal.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, atau kangkung adalah sumber yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Sayuran hijau rendah kalori namun tinggi nutrisi, sehingga cocok untuk sahur. Kamu dapat mengonsumsinya dalam bentuk salad atau tumis sebagai pendamping hidangan sahur.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading