Sukses

Lifestyle

Tak Hanya Melatih Keseimbangan, Inilah 6 Manfaat Aerial Yoga bagi Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Ingin mencoba olahraga baru yang unik dan berbeda? Sahabat Fimela bisa memilih aerial yoga untuk pengalaman berolahraga dengan cara yang tak biasa. Mungkin kamu sudah pernah melihat ragam pose aerial yoga yang tampak indah di sosial media. Dengan melayang di udara, olahraga ini mengandalkan pada gravitasi dan kekuatan tubuh secara beriringan.

Aerial yoga adalah olahraga yang menggabungkan antara postur fisik yoga tradisional dengan seni aerial. Jenis latihan kebugaran ini memanfaatkan kain dan tali yang bergantung pada langit-langit untuk menopang berat badan. Bagian tubuh dapat seluruhnya melilit dan bergantung pada kain, tetapi bisa juga hanya sebagian saja. Hal ini dapat disesuaikan pada gerakan-gerakan yang dilakukan.

Olahraga ini memang cukup populer dan digandrungi oleh sebagian besar orang. Bahkan, aerial yoga juga digemari banyak idol K-Pop, seperti Jennie dan Jisoo Blackpink. Tentu saja karena olahraga ini memiliki sederet manfaat untuk kesehatan tubuh, baik secara fisik maupun mental. Untuk informasi lebih lengkapnya, ini manfaat yang bisa diperoleh saat kamu melakukan aerial yoga: 

1. Melatih Fleksibilitas dan Keseimbangan

Latihan aerial yoga membuat seluruh tubuh dapat bergerak dan melakukan peregangan secara sepenuhnya. Hal ini dapat meningkatkan stabilitas dan keseimbangan tubuh. Aerial yoga dapat melepaskan ketegangan otot dan memberikan kekuatan untuk postur tubuh yang lebih baik.

Selain itu, melakukan latihan olahraga ini secara rutin bisa membantu untuk meningkatkan kelenturan pada tulang belakang dan bagian bahu. Kain yang bergantung tersebut memungkinkan setiap orang untuk melakukan banyak gerakan sehingga bisa membantu memulihkan persendian. Berada di udara akan membuatmu lebih bebas untuk aktif bergerak. 

2. Meningkatkan Sirkulasi ke Seluruh Tubuh

Beragam pose dan teknik pernapasan yang digunakan dalam olahraga ini dapat meningkatkan sirkulasi ke seluruh tubuh dan pencernaan. Bergantung pada gravitasi dapat melancarkan peredaran darah pada organ-organ tubuh. Lebih lanjut, melansir dari Healthline, aerial yoga juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung secara signifikan. 

3. Meningkatkan Kekuatan Otot Inti

Aerial yoga bisa menjaga kekuatan otot inti agar tetap bergerak aktif. Otot inti adalah otot yang mengelilingi bagian tengah tubuh sehingga dapat menunjang keseimbangan tubuh secara keseluruhan.

Otot ini mengelilingi bagian tulang belakang, perut, punggung, dan pinggul. Otot yang kuat ini tidak hanya dapat menjaga kesehatan di sekitar punggung dan perut, tetapi juga keseluruhan anggota tubuh lainnya. Apalagi, bagian otot ini bisa mencegah rasa sakit, ketegangan, hingga nyeri otot. 

4. Meningkatkan Suasana Hati

Aerial yoga memberikan nuansa baru dalam berolahraga sehingga bisa menjadi aktivitas yang menarik dan menyenangkan. Adanya kesempatan untuk mempelajari hal baru ini bisa meningkatkan suasana hati, meski baru mempelajari pertama kali. Pelan-pelan, olahraga ini akan melatihmu untuk mencoba gerakan-gerakan yang bisa meningkatkan rasa kepuasan dan pencapaian bagi diri sendiri. Rasa percaya diri pun bisa meningkat apabila kamu telah bisa melakukannya dengan baik. 

5. Meredakan Stres

Selain meningkatkan suasana hati, berlatih aerial yoga juga bisa dijadikan sebagai cara untuk melepas stres. Sama seperti yoga pada umumnya, gerakan pada latihan ini juga dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks. Aerial yoga bisa menciptakan kesempatan untuk tubuh agar lebih tenang dan berpikir jernih. Lebih dari itu, olahraga ini juga dapat meningkatkan fokus dan mengembangkan pikiran yang positif. Dengan begitu, tubuh dapat terhindar dari rasa cemas dan mempertahankan kesehatan mental yang lebih baik. 

 

6. Membakar Kalori

Aerial yoga dapat membantu untuk membakar kalori karena bisa membuat tubuh bergerak secara maksimal agar tetap seimbang. Kekuatan otot inti yang stabil akan membantu tubuh untuk mengubah posisi sesuai dengan gerakan yang ingin dilakukan. Latihan aerial yoga dalam durasi yang cukup lama bisa berpotensi untuk membakar banyak kalori dan mengurangi penyakit kardiovaskular. 

Apabila Sahabat Fimela ingin menggerakan tubuh seperti sedang melakukan tarian di udara, aerial yoga adalah pilihan yang tepat. Olahraga ini tidak hanya dapat meregangkan tubuh yang terasa kaku, tetapi juga menjaga sendi agar tetap sehat. Kendati demikian, kamu juga perlu untuk mempertimbangkan kondisi dan kekuatan tubuh sebelum mencobanya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading