Sukses

Lifestyle

5 Cara untuk Mengatur Pengeluaran agar Tidak Berlebihan saat Self Reward

Fimela.com, Jakarta Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyenangkan diri sendiri. Apalagi, ketika kamu telah menyelesaikan suatu tugas, pekerjaan, bahkan telah melewati hari-hari penuh tantangan yang awalnya terasa sulit dihadapi.

Pada kenyataannya, bisa bertahan hingga saat ini sudah menjadi pencapaian dan nikmat yang patut untuk disyukuri. Itulah mengapa, self reward sangatlah dibutuhkan terutama untuk menenangkan diri sendiri dan sangatlah baik untuk perkembangan kesehatan mental. 

Sesuai dengan sebutannya, self reward adalah hadiah untuk diri sendiri sebagai bentuk apresiasi diri. Setiap orang tentunya memiliki wishlist atau keinginan yang berbeda-beda. Self reward bisa menjadi ajang untuk memenuhi wishlist tersebut sembari menyemangati diri dengan cara yang positif. Membeli barang yang selama ini diidamkan, mencoba makanan kesukaan, menjalani kegiatan yang bikin penasaran, atau sekadar menjalani hobi. Semua hal tersebut bisa dicoba dalam rangka menerapkan self reward.

Akan tetapi, banyaknya wishlist yang ingin dipenuhi justru bisa membuat pengeluaran jadi tidak terkendali. Dengan mudah, seseorang bisa membeli barang sesuka hati bahkan sampai-sampai terlalu sering untuk berbelanja setiap minggu demi memenuhi self reward. Nah, kira-kira bagaimana ya cara untuk mengatasinya? Diketahui dari laman Clever Girl Finance, inilah tips-tips simpel yang bisa diterapkan:

Tips untuk Mengatur Keuangan saat Self Reward

1. Buat Anggaran Khusus untuk Self Reward

Saat sedang menetapkan pengeluaran bulanan, tak ada salahnya untuk mencoba menetapkan anggaran untuk self reward di luar dari kebutuhan pokok yang telah direncakan. Melalui tahapan dasar ini, kamu akan lebih mudah membeli barang, terhindar dari rasa bersalah, dan tidak khawatir ketika sedang menyenangkan diri sendiri. Akan lebih baik jika menetapkan keuangan untuk membeli barang-barang yang memang sudah diinginkan sejak lama. Selain itu, tahan godaan untuk tidak berbelanja secara berlebihan di luar rencana. 

2. Jika Tidak Ingin Membelanjakannya, Simpan Anggaran dalam Tabungan

Sebaiknya, hindari untuk melakukan self reward terlalu sering, memberikan hadiah untuk diri sendiri pada dasarnya merupakan situasi yang wajar, tetapi ada saatnya untuk menyisihkan pengeluaran ke dalam tabungan. Selain itu, jika tidak benar-benar memerlukannya, maka tidak perlu menghabiskan biaya yang terlalu banyak. 

3. Lakukan Self Reward dengan Hal-Hal yang Penting 

Sisihkan uang untuk membelanjakan hal-hal yang bagimu penting dan bisa memberikan kepuasan tersendiri. Apabila kamu sudah merasakan kepuasan tersebut, maka bisa muncul kemungkinan untuk tidak melebihi batas pengeluaran. Carilah barang yang benar-benar sedang diinginkan dan dibutuhkan. Jangan sampai ketidakpuasan itu membuatmu ingin berbelanja tanpa henti. 

4. Reward Diri Sendiri tanpa Harus Mengeluarkan Biaya

Cara paling mudah adalah dengan memberikan kesenangan tanpa harus dalam bentuk uang. Kamu bisa menemukan cara untuk self reward tanpa perlu banyak biaya. Sebut saja seperti meluangkan waktu untuk bersantai, melukis, membaca buku, membuat kerajinan tangan dengan bahan-bahan yang telah tersedia di rumah, menulis, dan melakukan latihan fisik. Carilah sesuatu yang disukai dengan meluangkan waktu untuk me time

5. Jangan Membanding-bandingkan Diri dan Tetap Bersyukur atas Segala Hal yang Dimiliki

Jangan berpikir untuk mengeluarkan uang hanya untuk membuat orang lain terkesan. Sering kali muncul adanya keinginan untuk membandingkan diri dengan milik orang lain sehingga timbul rasa tidak puas. Maka dari itu, carilah sesuatu yang bisa benar-benar membuatmu bahagia, tanpa harus perlu bersaing dengan kepunyaan orang lain. Bahkan, hingga membeli barang yang sebenarnya tidak disukai atau tidak dibutuhkan. Tetaplah mensyukuri segala hal atau barang yang telah dimiliki. Hindari diri untuk ikut-ikutan membeli barang seperti orang lain atau muncul rasa tertinggal. Pada akhirnya perasaan tersebut justru dapat memancingmu untuk membeli sesuatu atau mengeluarkan biaya tanpa batasan. 

 

Demikian cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi pengeluaran yang berlebihan saat sedang self reward. Semoga membantu untuk kamu yang masih kesulitan mengendalikan diri dan lebih baik untuk menghindari self reward secara terus menerus hingga berulang kali. 

 

Penulis: Syifa Azzahra 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading