Sukses

Lifestyle

5 Tips Membuat Vision Board sebagai Cara Manifestasi dan Motivasi Diri

Fimela.com, Jakarta Mewujudkan impian dan meraih tujuan bisa dimulai dengan memikirkan sesuatu yang menjadi visi hidupmu. Menuangkan segala keinginan dalam bentuk foto dapat memberikan gambaran atau visualisasi secara spesifik mengenai rencanamu di masa depan. Melalui cara tersebut, kamu bisa lebih  termotivasi untuk mencapai segala keinginan hingga mengubahnya menjadi kenyataan. Gagasan inilah yang dapat menjadi alasan untuk membuat vision board.

Vision board adalah papan manifestasi berupa kumpulan gambar atau objek yang disusun berdasarkan tujuanmu. Vision board ini akan bekerja sebagai pengingat yang mudah dijangkau setiap hari, baik secara fisik di dinding kamar, maupun secara digital melalui wallpaper handphone.

Melansir dari laman Mind Body Green, vision board bisa memandu seseorang pada arah yang lebih jelas mengenai tujuan mereka supaya tidak mudah untuk terjebak. Selain itu, cara ini bisa membuat seseorang semakin mengenali potensi dan kemauan diri sendiri agar bisa merealisasikan kehidupan yang benar-benar diinginkan. Nah, kamu juga bisa mendapatkan manfaat lainnya dari penggunaan vision board, seperti di bawah ini:

Manfaat Membuat Vision Board

Diketahui dari laman Better Up dan Develop Good Habit, berikut manfaat yang bisa ditemukan dari membuat vision board:

  • Berfungsi sebagai representasi visual untuk memperjelas apa yang diinginkan mengenai impian besar atau tujuan jangka panjang
  • Membantu untuk menetapkan niat dan merefleksikan diri
  • Menumbuhkan motivasi dan mendorong diri sendiri agar terus bergerak
  • Meningkatkan fokus pada tujuan dan prioritas, bahkan di saat yang sulit
  • Pengingat untuk segera melaksanakan hal yang diinginkan melalui tindakan nyata
  • Sebagai pemicu untuk emosi dan pola pikir positif, serta rasa syukur 

Tips untuk Membuat Vision Board

Cara membuatnya pun sangat sederhana, apalagi jika kamu lebih tertarik untuk membuatnya melalui media digital, caranya yaitu dengan memperhatikan tips berikut ini:

1. Mulai dengan Mengeksplorasi Keinginanmu

Membuat vision board bisa dimulai dengan merefleksikan diri. Dilansir dari laman Psychology Today, tujuan dan keinginan haruslah selaras dengan nilai-nilai yang dimiliki supaya bisa memberikan kepuasan untuk diri sendiri. Misalnya saja dengan memikirkan sesuatu yang benar-benar penting, ingin menjadi sosok yang seperti apa di masa depam, atau ingin menghabiskan waktu dengan cara yang bagaimana.

Jadikan vision board sebagai media untuk mencurahkan segala pemikiran atau perasaan mengenai tujuan yang ingin dicapai. Selain itu, tambahkan detail secara jelas agar kamu pun bisa memulai strategi untuk mewujudkannya. 

2. Gunakan Gambar yang Merepresentasikan Visimu

Setelah menetapkan tujuan, maka carilah gambar yang bisa mewakili tujuan tersebut. Gunakan gambar yang disukai dan pastikan bahwa gambar-gambar tersebut bisa menjadi representasi untukmu agar bisa membuat perubahan. Gambar yang bersifat inspiratif ini bisa memancing pikiran dan perasaanmu agar tetap bertekad untuk merealisasikannya. 

4. Tambahkan Kata-Kata sebagai Penyemangat

Seperti yang disebutkan di atas bahwa vision board dapat bermanfaat untuk mengubah pikiran menjadi lebih positif. Hal ini didasarkan pada penggunaan kata-kata atau keterangan di bawah gambar yang bisa mengingatkan diri sendiri, seperti kutipan yang menginspirasi. Kata-kata penyemangat tersebut juga bisa menciptakan afirmasi positif agar bisa lebih bersyukur dan menikmati setiap proses yang dijalani. 

5. Tetapkan Prioritas dengan Menyusunnya secara Teratur

Tetapkan prioritas di dalam vision board dengan realistis untuk tujuan-tujuan yang diinginkan. Misalnya saja dengan menyusun goals dalam setahun mengenai karir, perawatan diri, perjalanan, cinta, hubungan, dan sesuatu yang bisa membuatmu merasa positif dan sehat secara mental. Carilah gambar yang bisa mempertahankan perasaan positif tersebut dan memicu perasaan yang bahagia. Kreasikan tata letak dari gambar sesuka hati, seperti menaruh tujuan yang paling penting pada bagian atas dan susun sampai kamu merasa puas dengan hasil vision board tersebut. 

 

Jadi, sudah siap untuk membuat vision board versimu sendiri? Tunggu apalagi, yuk langsung rencanakan tujuanmu dan buatlah perubahan!

 

Penulis: Syifa Azzahra

 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading