Sukses

Lifestyle

5 Tanda Hidup Banyak Cobaan dari Perubahan Sikap Sehari-Hari

Fimela.com, Jakarta Seringkali hidup tidak selalu berjalan mulus, lancar dan sesuai keinginan. Ada kala tertentu hidup banyak cobaan dan ujian agar kita bisa belajar dan berkembang menjadi manusia yang lebih baik. Tentu tidak menyenangkan ketika fase ini terjadi, tapi kita harus bisa melaluinya. Tapi beberapa orang mungkin mengalami lebih banyak cobaan dan ujian hidup ketimbang orang lain di dunia ini sehingga kita sendiri merasa bersyukur karena tak perlu melalui kehidupan yang seperti mereka. Ini beberapa tanda jika hidup banyak cobaan dan ujian.

1. Selalu merasa lelah

Hidup memang terkadang melelahkan, kita semua pasti pernah mengalaminya. Orang yang hidupnya banyak cobaan seringkali tak bisa tidur nyenyak di malam hari, harus bekerja keras dari pagi hingga sore dan harus menghadapi masalah ketika pulang. Bagi seseorang yang diam-diam berjuang, rasa lelah ini bisa terjadi terus-menerus. Mereka mungkin selalu tampak lelah atau lesu meski sudah cukup istirahat, karena lelahnya bukan hanya menyerang fisik, tapi juga mental.

2. Tidak punya waktu untuk menikmati hobi

Jangankan menikmati waktu melakukan hobi atau hal-hal yang disukai, menjalani rutinitas harian saja sudah tak punya tenaga. Ketika kehidupan menempatkanmu pada situasi yang rumit dan tidak menyenangkan, pasti fokusmu akan tertuju pada masalah tersebut. Bagaimana cara menemukan solusi, cara mengatasi dan cara menyelesaikan atau keluar dari masalah tersebut. Kamu bahkan lupa pernah sangat menyukai sesuatu dengan sangat antusias ketika sedang stres, kamu kehilangan minat secara alami.

3. Jadi lebih sensitif dan mudah tersinggung

Orang-orang yang sedang menjalani cobaan hidup akan secara alami terpengaruh oleh emosi negatif yang tercipta karena kesulitannya dalam menghadapi cobaan tersebut. Tidak menutup kemungkinan ia menjadi sangat sensitif dan gampang tersinggung dengan perkataan atau sikap orang lain yang bahkan mungkin tidak bermaksud menyinggung atau melukai hati. Tapi karena ia sudah sangat lelah, maka emosinya menjadi lebih tidak stabil. Kemarahan yang meningkat ini menjadi pertanda adanya kekalutan hati atau pergulatan internal.

4. Menjadi lebih pesimis

Orang-orang yang banyak cobaan hidup akan secara perlahan menunjukkan sikap mudah mengkritik diri sendiri dan lebih pesimis melihat banyak hal. Ia juga sering iri dengan kehidupan orang lain, mengapa si A hidupnya enak padahal begini dan begitu, bagaimana bisa hidup si B tampak menyenangkan, tidak seperti hidupnya. Ia menyadari bahwa da pergumulan harga diri di dalam hati. Ketika seseorang mulai menjadi terlalu mengkritik diri sendiri, pertanda tingkat stresnya sedang tinggi karena masalah hidup.

5. Penampilan jadi lebih berantakan

Orang yang sibuk menghadapi masalah hidup akan mengabaikan penampilan untuk sementara waktu karena ia sedang sibuk memikirkan bagaimana caranya keluar dari masalah yang ia hadapi. Pakai baju rapi dan licin, memakai riasan dan dandan cantik atau pun menata rambut, segalanya menjadi tidak penting ketika pikiranmu sudah kalut dengan masalah serius. Prioritas utamanya adalah berjuang menyelesaikan masalah. Ketika ia sudah kembali ke kehidupan yang lebih tenang, barulah ia punya waktu memikirkan penampilan.

Itu dia beberapa tanda jika hidup seseorang penuh cobaan dan ujian. Semoga kita dijauhkan dari masalah hidup yang serius, dan ketika menghadapinya bisa bersabar dan bertahan hingga masalah selesai ya, Sahabat Fimela.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading